7 Manfaat Mengunyah Bagi Tubuh, Bisa Mencegah Berat Badan Naik

Sesuatu yang sederhana seperti mengunyah bisa membuat perbedaan besar dalam tubuh kita dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 10 Apr 2022, 16:03 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2022, 16:03 WIB
Kebiasaan Mengunyah pada Satu Sisi Mulut
Ilustrasi Mengunyah Makanan Credit: pexels.com/Andrea

Liputan6.com, Jakarta - Sesuatu yang sederhana seperti mengunyah bisa membuat perbedaan besar dalam tubuh kita dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Proses mengunyah makanan yang dicampur dengan air liur membantu menyerap semua nutrisi yang kita butuhkan dengan lebih mudah, itulah sebabnya mengapa yang terbaik adalah mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh, sekitar 32 kali setiap gigitan.

Untuk itu, ketahui apa saja manfaat mengunyah bagi tubuh kita, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (10/4/2022).

1. Mengunyah perlahan membantu mencegah berat badan naik

Pikirkan tentang hal ini, jika Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskannya, dan itu berarti Anda makan lebih sedikit dan otakmu kemudian memberi tahu Anda bahwa Anda sudah kenyang.

Tidak hanya itu, makan perlahan dan mengunyah dengan hati-hati bisa membantumu jika Anda menghindari penambahan berat badan dan mencoba mengendalikan nafsu makan. 

Ini juga bisa mempercepat metabolisme Anda, mencegah makan berlebih, dan mempercepat sirkulasi darah di perutmu.

2. Mengunyah lebih sedikit bisa menyebabkan masalah pencernaan

Jika Anda mengunyah dan menelan dengan cepat, sistem pencernaanmu bisa menjadi tidak seimbang dan tubuhmu tidak akan mencerna makanan dengan benar. Ini bisa menyebabkan refluks asam, kram, kembung dan banyak lagi. 

Jika sudah terlambat dan Anda makan terlalu cepat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah pencernaanmu. 

  • Minum 30 menit sebelum atau sesudah makan.
  • Jangan minum kopi segera setelah makan.
  • Jangan makan buah dan permen setelah makan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Mengatasi stres

Efektif Meringankan Stres dan Depresi
Ilustrasi Depresi Credit: pexels.com/EnginA

Mengunyah adalah cara yang bagus untuk mengurangi hormon stres, dan itu bisa menjadi perilaku mengatasi stres. 

Ketika Anda mengunyah sambil stres, itu bisa mencegahmu dari kecemasan dan membuat tulang Anda lebih kuat.

Selain itu, ketika seorang wanita hamil stres, anaknya bisa mengalami depresi ketika mereka tumbuh dewasa. Anda mungkin hanya mengunyah permen karet sebagai perilaku mengatasi stres, tapi itu akan membantu.

4. Mengunyah secara perlahan membantumu menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik

Organ-organ dalam tubuhmu, seperti hati dan ususmu, bukan satu-satunya hal yang mengontrol nutrisi yang Anda peroleh. Sebenarnya semuanya dimulai di mulutmu, lebih khusus, dari mengunyah. 

Keajaiban terjadi ketika makanan bercampur dengan air liur kita. Mengunyah makanan yang bercampur dengan air liur memungkinkan kita untuk menyerap nutrisi lebih baik sehingga otak kita bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

5. Mengunyah bisa menghasilkan konsentrasi yang lebih baik

Mengunyah permen karet, misalnya, bisa membantu Anda berkonsentrasi lebih baik dan mempertahankan perhatian untuk hal-hal yang membutuhkan waktu untuk dikerjakan. 

Ini karena ketika Anda mengunyah, aliran oksigen mengalir ke bagian otak yang berhubungan dengan perhatian, dan ketika kita mendapatkan lebih banyak oksigen, kita cenderung untuk tetap waspada.

 


6. Mengunyah membantu perkembangan bicara pada bayi

Ide Nama Bayi Lahir Bulan Agustus Laki-laki
Ilustrasi Anak Credit: pexels.com/Singkham

Ketika bayi mulai makan makanan yang sebenarnya, mengunyah membantu mereka mengebor lidahnya, yang sangat penting untuk banyak suara yang mereka buat saat mereka belajar mengucapkan kata-kata.

Makanan konkret membantu memajukan rahang mereka, bersama dengan otot bibir dan lidah (semuanya penting untuk berbicara).

Jika Anda mulai memberimu makanan padat lebih lambat dari yang dibutuhkan, ini bisa menyebabkan bayimu menjadi lebih rewel dan mengabaikan makanan baru dan juga memiliki gangguan suara saat mereka tumbuh dewasa.

7. Mengunyah dengan baik terkait dengan kinerja yang lebih baik

Mengunyah sebenarnya terkait dengan memori dan kemampuan kognitif secara keseluruhan. Ini meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otakmu, menghasilkan mental yang lebih baik.

Individu yang mengunyah dengan baik memiliki perhatian yang lebih baik, kewaspadaan, pemecahan masalah, perolehan informasi, keterampilan keputusan dan lainnya.

Mereka yang mengunyah dengan buruk bisa mengalami kesulitan dengan kosa kata, memori dan pembelajaran secara keseluruhan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya