Ibu Hamil Kena Flu Cenderung Lahirkan Anak dengan Asma

Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang pilek saat kehamilan cenderung melahirkan anak dengan asma.

oleh Melly Febrida diperbarui 05 Feb 2014, 11:30 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2014, 11:30 WIB
hamil-140130c.jpg

Wanita yang sedang hamil jagalah kesehatan Anda di musim hujan ini. Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang pilek saat kehamilan cenderung melahirkan anak berpenyakit asma.

Para peneliti mengatakan, wanita hamil perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika orang di sekitarnya bersin-bersin atau pilek.

Semakin sering wanita hamil terkena pilek dan infeksi virus, maka semakin tinggi risiko bayinya mengalami asma. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology seperti dikutip Dailymail, Rabu (5/2/2014).

Para peneliti menemukan, infeksi dari ibu dan paparan bakteri selama kehamilan memengaruhi lingkungan bayi di dalam rahim. Sehingga meningkatkan risiko bayi mengembangkan alergi dan asma pada masa kanak-kanak.

Ahli Alergi dari  American College of Allergy, Asthma and Immunology Dr Mitch Grayson menjelaskan, kondisi ini juga sama pada anak-anak yang terpapar penyebab alergi sejak dini, seperti debu rumah dan bulu hewan peliharaan. Ini meningkatkan kepekaannya saat berusia 5 tahun.

Para peneliti ini mempelajari 513 wanita hamil di Jerman dan 526 anak-anaknya. Selama kehamilan serta ketika anak berusia 3 dan 12 bulan, dan setiap tahun hingga berusia lima tahun responden diberi kuesioner untuk diisi.

Jika orangtua memiliki alergi, anak memiliki kesempatan 75 persen terkena alergi. Jika salah satu orangtua alergi atau jika kerabat dekat memiliki alergi, anak memiliki 30 sampai 40 persen kesempatan menderita beberapa bentuk alergi.

Jika orangtua tidak memiliki alergi, peluang hanya 10 sampai 15 persen.

(Mel/Abd)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya