8 Faktor Penyebab Kemiskinan Dalam Suatu Negara, Beserta Definisi dan Dampaknya

Faktor penyebab kemiskinan dalam suatu negara memang begitu beragam, mulai dari faktor pendidikan bahkan faktor ekonomi.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Agu 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2021, 09:00 WIB
8 Faktor Penyebab Kemiskinan Dalam Suatu Negara, Beserta Definisi dan Dampaknya
Ilustrasi Kemiskinan (Image by Amber Clay from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Faktor penyebab kemiskinan dalam suatu negara memang begitu beragam, termasuk di Indonesia. Kemiskinan merupakan masalah utama dan paling mendasar yang setiap harinya menjadi perhatian utama bagi pemerintah.

Bahkan tidak hanya di Indonesia, masih ada banyak negara di dunia di mana kemiskinan masih jadi salah satu masalah yang harus diatasi. Pasalnya, apabila kemiskinan tidak segera diatasi, maka bisa berdampak pada negara itu sendiri.

Faktor penyebab kemiskinan memang begitu beragam di berbagai negara. Bahkan, masalah kemiskinan seperti ketersediaan kebutuhan pokok merupakan sebuah faktor yang sangat krusial yang akan dapat menjatuhkan sebuah pemerintahan.

Meski secara luas mengatasi kemiskinan adalah tugas dari pemerintahan sebuah negara, namun dengan mengetahui faktor penyebab kemiskinan, bisa membuat masyarakat bersama-sama memberantas kemiskinan, dimulai dari lingkungan terkecil yang ada di sekitar tempat tinggal.

Berikut ini penjelasan mengenai definisi beserta faktor penyebab kemiskinan dan dampaknya bagi negara tersebut, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Definisi Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu kondisi saat seseorang atau kelompok tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, serta kesehatan yang layak. Tentunya hal ini juga bisa disebabkan karena pemerintah, lebih tepatnya melalui penetapan garis kemiskinan yang ditentukan melalui kebijakan ekonomi.

Mengingat tingkat kesejahteraan masayarakat ditentukan oleh kebijakan ekonomi pemerintah. Itulah mengapa, faktor penyebab kemiskinan bisa juga karena gagalnya perkembangan ekonomi yang sudah direncanakan pemerintah.


Jenis-jenis Kemikinan

8 Faktor Penyebab Kemiskinan Dalam Suatu Negara, Beserta Definisi dan Dampaknya
Ilustrasi Kemiskinan/Unsplash

Kemiskinan dan Misklasifikasi Orang Miskin (2015) karya Ali Khomsan dan kawan-kawan, dijelaskan beberapa jenis kemiskinan, yaitu:

1. Kemiskinan Absolut

Kemiskinan absolut merupakan jenis kemiskinan di mana orang-orang miskin mempunyai tingkat pendapatan di bawah garis kemiskinan atau jumlah pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup, seperti pangan, pakaian, dan tempat tinggal.

2. Kemiskinan Relatif

Kemiskinan relatif merupakan jenis kemiskinan yang terjadi karena pengaruh kebijakan pembangunan yang belum menjangkau seluruh masyarakat. Sehingga mengakibatkan terjadinya ketimpangan pada pendapatan atau bisa dikatakan bahwa seseorang sebenarnya telah hidup di atas garis kemiskinan namun masih berada di bawah kemampuan masyarakat sekitarnya.

3. Kemiskinan Kultural

Kemiskinan kultural merupakan jenis kemiskinan yang disebabkan oleh faktor budaya, seperti malas, tidak ada usaha untuk memperbaiki tingkat kehidupan, pemboros, dan lain-lain.

4. Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural merupakan kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena struktur sosial masyarakat tersebut memungkinkan golongan masyarakat tidak ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.


Faktor Penyebab Kemiskinan dalam Suatu Negara

8 Faktor Penyebab Kemiskinan Dalam Suatu Negara, Beserta Definisi dan Dampaknya
Ilustrasi kemiskinan | pexels.com/@dazzle-jam-374075

Ada beberapa faktor penyebab kemiskinan yang umum terjadi, antara lain:

1. Tingkat Pendidikan Rendah

Faktor penyebab kemiskinan yang pertama bisa dikarenakan tingkat pendidikan yang rendah. Tingkat pendidikan yang rendah bisa membuat seseorang kurang memiliki keterampilan, wawasan, serta pengetahuan yang memadai untuk kehidupannya. Jika dilihat lebih jauh lagi, dalam dunia kerja atau dunia usaha, pendidikan adalah modal untuk bersaing jika ingin mendapatkan kesejahteraan nantinya. Maka tidak heran, jika banyak pengangguran yang dikarenakan faktor penyebab kemisikinan yaitu tingkat pendidikan rendah.

2. Malas Kerja

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan yaitu malas bekerja. Faktor penyebab kemiskinan ini, punya hubungan faktor penyebab kemiskinan sebelumnya yaitu tingkat pendidikan yang rendah. Seseorang dengan tingkat pendidikan rendah membuat dirinya malas bekerja karena tidak punya keterlampilan dan pengetahuan. Orang yang malas usaha bisa berdampak pada tingkat pengangguran yang makin tinggi.

3. Kualitas Kesehatan Buruk

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan bisa dikarenakan kualitas kesehatan suatu negara yang buruk. Pasalnya, akses layanan kesehatan yang sulit dan mahal bisa jadi masalah utama bagi masyarakat ekonomi rendah. Mengingat, jasa dokter atau membeli obat ketika sakit tidak murah. Masyarakat tidak mampu, justru terus sakit dan sulit melakukan pekerjaan. Hingga hal ini bisa menjadi faktor penyebab kemiskinan.

4. Sumber Daya Alam Tidak Ada

Faktor penyebab kemiskinan ini banyak terjadi di tiap negara, terutama negara berkembang serta negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Saat sumber daya alam tidak ada atau tidak dapat diolah, maka hal ini bisa jadi salah satu faktor penyebab kemiskinan.

5. Modal Terbatas

Kemudian, terbatasnya modal juga bisa menjadi penghambat seseorang untuk berkembang. Belum lagi jika orang yang tersebut memiliki tingkat pendidikan rendah. Mengingat, banyak penyebab rendahnya pendidikan karena faktor ekonomi keluarga.

6. Harga Kebutuhan Tinggi

Harga kebutuhan tinggi adalah faktor penyebab kemiskinan yang kerap terjadi dan jadi alasan mengapa masyarakat miskin merasa kurang dan tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, kian hari harga bahan makan melambung tinggi. Konsekuensinya, mereka harus memotong pengeluaran untuk kebutuhan lain dan dialihkan pada konsumsi makanan.

7. Lapangan Kerja Terbatas

Faktor penyebab kemiskinan selanjutnya karena terbatasnya lapangan kerja. Meski seseorang bisa menciptakan lapangan kerja baru, namun peluangnya cukup kecil untuk masyarakat miskin karena keterbatasan keterampilan serta modal.

8. Beban Hidup Keluarga

Faktor penyebab kemiskinan yang berikutnya adalah adanya beban hidup keluarga. Hal ini juga merupakan hal yang cukup signifikan. Ketika seseorang memiliki anggota keluarga yang banyak untuk dihidupi, beban hidupnya tentu saja kan bertambah pula. Dengan begitu seseorang diharuskan untuk meningkatkan pendapatannya sesuai dengan berapa jumlah anggota yang harus dihidupinya. 


Dampak dari Kemiskinan

8 Faktor Penyebab Kemiskinan Dalam Suatu Negara, Beserta Definisi dan Dampaknya
Pengemis bersama anaknya saat berada di lampu merah. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ada beberapa dampak dari kemiskinan yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Tingkat Pengangguran Tinggi

Dampak kemiskinan yang pertama, bisa membuat angka pengangguran semakin banyak. Pasalnya, pengangguran erat kaitannya dengan pendidikan yang rendah. Masyarakat miskin sangat sulit mendapatkan akses pendidikan, hingga membuat mereka kurang keterampilan dan bekal untuk mendapatkan pekerjaan layak.

2. Kriminalitas Tinggi

Dampak kemiskinan yang cukup penting diketahui adalah naiknya kriminalitas. Masyarakat miskin cenderung melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan hidup, bagaimanapun caranya.

3. Tertutupnya Akses Pendidikan

Tertutupnya akses pendidikan menjadi dampak kemiskinan yang bisa dirasakan. Biaya pendidikan cukup tinggi mengakibatkan masyarakat miskin tidak bisa menjangkau dunia pendidikan. Jika mereka kekurangan pendidikan, maka tidak bisa bersaing dan tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

4. Angka Kematian Tinggi

Yang terakhir, dampak kemiskinan membuat angka kematian tinggi. Dampak tersebut berhubungan dengan faktor penyebab kemiskinan yaitu kualitas kesehatan yang belum baik. Masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan banyak yang tidak bisa mendapat akses kesehatan memadai. Hal ini bisa menjadi penyebab angka kematian tinggi. Kemudian, kekurangan gizi di tengah masyarakat miskin juga jadi momok menakutkan, sebab berhubungan langsung dengan kesehatan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya