Google Play Games PC Adalah Tool Game, Link Download dan Cara Bermainnya

Google Play Games PC adalah tool Game PC, berikut ini Informasi mengenai Google Play Games PC, beserta dengan link download, spesifikasi minimal dan yang direkomendasikan, serta cara bermainnya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 04 Nov 2022, 17:35 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 17:35 WIB
Google Play Games
Google Play Games versi beta untuk PC kini sudah menjangkau pemain di Indonesia. (Dok: Google)

Liputan6.com, Jakarta Google Play Games PC adalah tool Game PC yang memungkinkan penggunanya untuk dapat bermain berbagai macam game android di perangkat PC mereka. Google Play Games PC adalah alat yang membuat sensasi bermain game android kini bisa lebih menyenangkan dan nyaman dengan layar yang lebih besar.

Menjadi viral belakangan ini, Google baru saja merilis versi beta dari Google Play Games PC di beberapa negara, termasuk Indonesia. Google Play Games PC adalah alat game yang hadir untuk menjangkau para gamer dan memberikan akses ke berbagai macam game di berbagai macam perangkat tanpa emulator.

Google Play Games PC sendiri, saat ini bisa langsung diakses di situs resminya. Dan untuk cara menggunakannya, hal pertama yang harus dilakukan oleh para gamer adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Play Games PC resmi yang ada terlebih dahulu.

Lantas apa link download Google Play Games PC dan bagaimana cara bermainnya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (04/11/2022). Informasi mengenai Google Play Games PC, beserta dengan link download, spesifikasi minimal dan yang direkomendasikan, serta cara bermainnya.


Apa itu Google Play Games PC?

Situs Google Play Games PC
Situs Google Play Games PC

Google Play Games PC adalah tool yang memungkinkan gamer bermain game Android pada perangkat PC, yang artinya sekarang para gamer dapat bermain game Android pada layar yang lebih besar. Dan tidak hanya bisa diakses pada ponsel atau tablet saja.

Google Play Games PC dihadirkan untuk para gamer dimanapun mereka berada, dengan memberikan akses ke berbagai macam game pada sebanyak mungkin perangkat. Google Play Games PC memungkinkan gamer bermain game seluler di komputer Windows. 

Saat bermain game di PC, gamer akan mendapatkan layar yang lebih besar dengan grafis yang lebih baik serta dapat menggunakan keyboard dan mouse. Di sisi lain, baik bermain game di komputer maupun perangkat seluler, progres gamer tetap sinkron. 

Terdapat banyak game yang bisa dimainkan di Google Play Games PC. Ada 1945 Air Force, Blade Idle, Arknight, Asphalt 9, Cookie Run: Kingdom, Evony: The King's Return, Last Fortress: Underground, Mobile Legends: Bang bang, Top Eleven, Day R Survival, Hades Star, dan masih banyak lagi.

Semua judul tersebut dan beberapa puluhan judul game lainnya dapat dimainkan di PC Windows melalui aplikasi mandiri yang dibuat oleh Google. Google akan perilisan versi beta di wilayah lain sebelum akhir 2022 atau setelahnya. Saat ini, ada lebih dari 40 game yang tersedia di seluruh wilayah beta. 

Pihak Google juga mengungkapkan akan menambahkan game secara rutin. Dengan Google Play Games PC, pengguna tak hanya bisa memainkan game Android di aplikasi desktop, tetapi juga bisa melanjutkan progres game yang sudah dimainkan di HP dan tablet Android ke komputer atau laptop secara seamless. 


Spesifikasi Minimal dan Link Google Play Games PC

Google Play Games
Main Game Android di PC atau laptop menggunakan layanan Google Play Games. (Doc: Google)

Spesifikasi Minimal dan Link Google Play Games PC

Dilansir dari laman resmi support.google.com, terdapat beberapa syarat minimum spesifikasi komputer dan laptop yang harus dipenuhi untuk bisa menginstal Google Play Games PC dan memainkan game Android di desktop Windows:

Syarat Spesifikasi Minimal Google Play Games PC

OS: Windows 10 (v2004)

Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) dengan ruang penyimpanan kosong 10 GB

Grafis: GPU IntelⓇ UHD Graphics 630 atau yang sebanding

Prosesor: CPU dengan 4 core fisik

Memori: RAM 8 GB

Akun admin Windows

Virtualisasi hardware harus diaktifkan

 

Spesifikasi yang Direkomendasikan Untuk Performa Lebih Baik

OS: Windows 10 (v2004)

Penyimpanan:  Solid State Drive (SSD) dengan 10 GB ruang penyimpanan yang tersedia

Grafis: GPU kelas gaming, seperti Nvidia GeForce MX450

Prosesor: 8 core logis

Memori: RAM 8 GB

Akun admin Windows

Virtualisasi hardware harus diaktifkan

Link Google Play Games PC

Untuk bisa menggunakan Google Play Games PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Google Play Games Beta di laman resminya, anda dapat membuka situs resminya dengan menyalin tautan atau link download berikut ini: https://play.google.com/googleplaygames

Kemudian klik "Download beta" dan dilanjutkan dengan proses instalasi software seperti biasa.


Cara Bermain Game Android di PC dengan Google Play Games PC

ilustrasi Bermain Game Online di China
Seorang pria bermain game komputer di sebuah kafe internet di Beijing, China, Jumat (10/9/2021). Tidak semua orang menyetujui pembatasan bermain game online di China. (GREG BAKER/AFP)

Setelah google merilis secara resmi versi beta dari Google Play Games PC, para gamer dapat langsung menggunakannya setelah mengunduh dan menginstal alat Google tersebut. Berikut cara bermain game dengan menggunakan Google Play Games PC:

1. Pastikan spesifikasi laptop dan PC cukup

Sebelum menginstal Google Play Games PC, pastikan perangkat komputer dan laptop telah memenuhi syarat minimal spesifikasi yang dibutuhkan.

2. Buka website Google Play Games PC

Buka link download Google Play Games di PC https://play.google.com/googleplaygames di browser Chrome, Mozilla, dan lain-lain untuk membaca informasi yang dibutuhkan dan fitur yang disediakan sebelum download.

3. Download Google Play Games PC

Langkah selanjutnya adalah download Google Play Games PC. Tekan tombol 'Download beta' untuk mengunduh aplikasi Google Play Games PC yang masih dalam bentuk beta.

4. Instal aplikasi Google Play Games PC

Setelah selesai diunduh, langkah selanjutnya adalah klik file installer yang tadi di-download untuk menginstal aplikasi Google Play Games di laptop atau komputer kamu.

5. Buka aplikasi Google Play Games PC dan login

Jika Google Play Games PC berhasil diinstal, anda bisa buka aplikasi Google Play Games PC dan login dengan akun Google, ini sekaligus untuk sinkronisasi game yang sudah terpasang di HP Android, jadi pastikan untuk menggunakan akun yang sama.

6. Instal game Android di PC atau laptop

Selanjutnya pilih atau cari game Android yang ingin dimainkan di Google Play Games PC, lalu klik 'Install on Windows'. Setelah proses instalasi selesai, anda bisa memainkan game Android di komputer atau laptop tanpa emulator. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya