PT Sri Rejeki Isman Tbk, adalah Perusahaan yang Bergerak di Bidang Tekstil

PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemintalan, tenun, dyeing, percetakan, finishing kain dan pembuatan pakaian.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 20 Des 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi PT Sri Rejeki Isman Tbk/Sritex (SRIL) (Dok: PT Sri Rejeki Isman Tbk)
Ilustrasi PT Sri Rejeki Isman Tbk/Sritex (SRIL) (Dok: PT Sri Rejeki Isman Tbk)

Liputan6.com, Jakarta PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex adalah salah satu perusahaan tekstil yang terbesar di AsiaTenggara. Perusahaan ini memiliki empat jenis produksi, diantaranya benang, kain mentah, kain jadi dan pakaian jadi. Sritex adalah pemasok utama benang berkualitas tinggi bagi pelanggan tekstil global. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil ini, berlokasi di Jawa Tengah, Indonesia. 

PT Sri Rejeki Isman Tb didirikan oleh Keluarga Lukminto pada tahun 1966, yang bertempat di Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesiato. Setelah bertahun-tahun melakukan produksi dan distribusi, pada bulan Juni 2012, perusahaan ini kemudian terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX).

PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemintalan, tenun, dyeing, percetakan, finishing kain dan pembuatan pakaian. Pada tahun 2014, Iwan S. Lukminto pendiri dari perusahaan ini menerima penghargaan sebagai Businessman of the Year dari majalah Forbes Indonesia dan sebagai EY Entreprenuer of the Year 2014 dari Ernst & Young. Tak hanya itu, perusahaan ini juga berhasil menerbitkan obligasi global senilai 150 juta Dollar Amerika yang akan jatuh tempo pada tahun 2024.

Berikut ini profil PT Sri Rejeki Isman Tbk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah PT Sri Rejeki Isman Tbk

Proses Produksi PT Sritex
Sejarah Berdirinya PT Sritex (Sumber: sritex.co.id)

Sejarah perusahaan PT Sri Rejeki Isman Tbk bermula pada tahun 1966, perusahaan ini kemudian didirikan oleh H.M Lukminto sebagai perusahaan perdagangan tradisional di Pasar Klewer, Solo. Pada tahun 1968, perseroan ini kembali membuka pabrik cetak pertamanya yang menghasilkan kain putih dan berwarna di Solo. Tak lam setelah itu, tepatnya tahun 1978 perusahaan ini kemudian terdaftar dalam Kementrian Perdagangan sebagai perseroan terbatas.

Pada tahun 1982, perusahaan mulai mendirikan pabrik tenun pertama dan pada tahun 1992 memperluas pabrik dengan 4 lini produksi (pemintalan, penenunan, sentuhan akhir dan busana) dalam satu atap. Berlanjut tahun 1994, perseroan ini kembali menjadi produsen seragam militer untuk NATO dan Tentara Jerman. PT Sri Rejeki Isman Tbk pada tahun 2015, melakukan ekspansi Sritex melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ibu Puan Maharani dan Menteri Perindustrian, Bp. Saleh Husin. Adapun penyerahan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ini, dilakukan sebagai wujud Pelopor dan Penyelenggara Penciptaan Investor Saham Terbesar Dalam Perusahaan

 


Produk PT Sri Rejeki Isman Tbk

https://www.sritex.co.id/
https://www.sritex.co.id/

Terdapat beberapa produk yang di produksi oleh PT Sri Rejeki Isman Tbk adalah

1. Spinning (Pemintalan)

 

Sritex adalah pemasok utama benang berkualitas tinggi, untuk pabrik tekstil diberbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Spanyol, Argentina, Brasil, Jepang dan Korea Selatan. Divisi pemintalan mengubah serat menjadi benang berkualitas. Tak hanya itu, perseroan ini juga ikut mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi produk. Kapasitas pemintalan terus meningkat pesat, saat ini telah memproduksi lebih dari 1,1 juta bal setiap tahunnya. 

2. Weaving (Tenun)

PT Sri Rejeki Isman Tbk dalam proses tenun, telah diproduksi menjadi berbagai macam produk yang telah sukses memenuhi kebutuhan pelanggan. Proses tenun adalah proses mengubah benang menjadi kain mentah siap pakai. Kain mentah dikenal dengan standar yang tinggi dan istimewa seperti “Kanvas Sempurna” untuk menghasilkan produk akhir yang baik. Kain mentah kemudian akan melalui proses seperti pewarnaan, pencetakan dan berbagai proses akhir sebelum dapat digunakan sebagai produk akhir.

3. Fabric (Kain)

Adapun proses pewarnaan dan printing digital, akan mengubah kain mentah menjadi bahan jadi. Kami memproduksi bahan jadi berdasarkan pesanan dari konsumen maupun desain-desain terbaru. Kain Sritex dikenal dengan desainnya yang apik, pengerjaan yang teliti dan kenyamanan yang tinggi. Kami menyediakan bahan jadi sesuai dengan permintaan konsumen ke berbagai perusahaan tekstil besar seperti Turki dan Tiongkok. 

4. Garment 

Sritex telah berhasil membangun pusat destinasi untuk produk fashion dengan berdirinya unit Garmen. Divisi Garmen mengubahkan kain menjadi pakaian jadi yang terbagi dalam 2 kategori, yaitu garmen Fashion dan garmen Seragam.

- Fashion

Sritex telah memproduksi produk garmen untuk berbagai retailer fashion ternama, yang menyebar hingga 4 benua. Dengan menyediakan produk garmen dalam berbagai gaya dan bahan, Sritex berdedikasi untuk menyediakan produk fashion yang dapat bersaing dalam pasar global.

- Seragam

Sejak tahun 1990-an produk garmen seragam merupakan produk unggulan Sritex, dimana 33 negara telah menggunakan garmen seragam yang diproduksi oleh Sritex. Sritex juga menyediakan seragam untuk keperluan lainnya seperti kebutuhan korporat, sekolah, dan lapangan kerja.

Sritex juga memproduksi seragam untuk perusahaan yang ada di Indonesia, maupun internasional dan juga seragam untuk instansi pemerintah. Sritex merupakan mitra terkemuka dalam memasok seragam militer lebih dari 30 negara, sejak tahun 1993. 


Kebijakan Mnajemen Risiko PT Sri Rejeki Isman Tbk

Produsen Pakaian RI
(Foto: Sritex)

Kebijakan manajemen risiko perusahaan PT Sri Rejeki Isman Tbk, dibuat berdasarkan kemungkinan risiko yang dapat terjadi dalam hal keuangan perusahaan. Untuk risiko-risiko yang muncul dari berbagai aktivitas rutin yang sudah terpola, membuat perusahaan mengembangkan prosedur-prosedur untuk mengantisipasi dan menangani bilamana terjadi sesuatu hal yang mengandung risiko.

Jenis risiko dan pengelolaannya

PT Sri Rejeki Isman Tbk sebagai suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil, kemungkinan menghadapi risiko-risiko usaha sebagai berikut:

- Risiko Mata Uang Asing

Mata uang pelaporan Perusahaan pada 2018 ini adalah Dolar AS, di mana erusahaan tidak menghadapi risiko nilai tukar sebagai bagian dari penjualan dan biaya pembelian tertentu baik dalam mata uang Dolar AS atau pergerakan harga patokan seperti dikutip di pasar internasional.

- Risiko Suku Bunga

Risiko suku bunga Perusahaan PT Sri Rejeki Isman Tbk, terutama timbul dari pinjaman untuk tujuan modal kerja dan investasi. Untuk kredit modal kerja dan kredit investasi membuat perusahaan berusaha mengurangi risiko tingkat suku bunga dengan melakukan pengawasan terhadap suku bunga yang berlaku di pasar.

- Risiko Kredit

Risiko kredit yang dihadapi oleh Perseroan, berasal dari kredit yang diberikan kepada pelanggan. Untuk meringankan risiko ini, ada kebijakan untuk mematikan penjualan produk hanya dibuat kepada pelanggan yang dapat dipercaya dan terbukti mempunyai sejarah kredit yang baik. 

- Risiko Likuiditas

Perseroan juga mengelola profil likuiditas, untuk dapat mendanai pengeluaran modalnya dan mengelola utang yang jatuh tempo dengan mengatur kas dan ketersediaan pendanaan melalui jumlah komitmen fasilitas kredit yang cukup.


Penghargaan dan Sertifikasi PT Sri Rejeki Isman Tbk

Sejumlah penghargaan dan sertifikasi yang pernah diraih oleh PT Sri Rejeki Isman Tbk, diantaranya: 

- Menerima penghargaan Best Performance Listed Companies pada tahun 2016 dari Majalah Investor, dan  juga penghargaan Best Enterprise Achievers pada tahun 2016 sebagai Perusahaan Lokal Raksasa dari Obsession Media Group.

- Menerima penghargaan sebagai penerbit terbaik dalam kategori Ragam Industri pada Bisnis Indonesia Awards di tahun 2016

- Berhasil menerbitkan obligasi global senilai 350 juta Dollar Amerika yang akan jatuh tempo pada tahun 2021.

- Most Powerful Company pada tahun 2017, kategori Tesktil dan GarmenWarta Ekonomi.

- Meraih penghargaan Top Emiten 2017, pada Sektor Tekstil dan GarmenTop Capital Market 2017.

- Keluar sebagai Best Liability Management Asset Asian Award 2016 oleh Triple A.

- Masuk dalam The Top 50 Company 2016 Best of the Best Awards Forbes Indonesia.

- Menerima predikat AGCG Terbaik 2016 Economic Review dan Peringkat-1 Kategori Tekstil dan Garmen Economic Review.

- Masuk dan terpilih sebagai 40 Best Emiten Pilihan AnalisAAEI – CSA Institute.

- Best Enterprise Achievers 2016 kategori Local Giants Obsession Media Group

- Menerima penghargaan Top Ten BlueIDX Listed Company – 2016

- The Best Issuer Sektor Aneka IndustriBisnis Indonesia - 2016

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya