45 Ucapan Hari Galungan dan Kuningan, Sarat Makna Kemenangan dan Perdamaian

Kumpulan Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023 yang cocok untuk dikirimkan pada saudara maupun teman yang merayakan.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 03 Jan 2023, 18:35 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 18:35 WIB
Ilustrasi Hari Raya Galungan dan Kuningan
Ilustrasi Hari Raya Galungan dan Kuningan. (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023 dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk merayakan dan memberikan kebahagian kepada umat seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan. Hari Galungan sendiri jatuh pada Rabu, 4 Januari 2023 dan hari Kuningan jatuh pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Hari Galungan dan Kuningan adalah hari yang diperingati untuk merayakan kemenangan dharma atau kebaikan melawan adharma atau kejahatan. Namun Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023 tidak hanya bisa berisi rasa syukur, namun juga harapan baru untuk masa depan yang lebih baik dan penuh kebaikan.

Selain cocok dijadikan pesan singkat untuk saudara dan teman yang merayakan, Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023 juga bisa dijadikan untuk caption media sosial seperti TikTok, Instagram, facebook, WhatsApp dan lain sebagainya. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kumpulan Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023 yang cocok untuk dikirimkan pada saudara maupun teman yang merayakan, Selasa (3/1/2022).


Hari Galungan dan Kuningan

FOTO: Umat Hindu Bali Rayakan Hari Raya Kuningan
Umat Hindu Bali berdoa saat merayakan Hari Raya Kuningan di Pura Sakenan, Bali, Sabtu (18/6/2022). Kuningan menandai hari terakhir perayaan Galungan, salah satu upacara keagamaan terbesar umat Hindu di Bali. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Hari Galungan dan Kuningan

Galungan adalah hari raya Bali yang merayakan kemenangan dharma atas adharma (kemenangan kebaikan atas kejahatan). Itu menandai waktu ketika roh leluhur dari kerabat yang telah meninggal mengunjungi Bumi. Hari terakhir perayaan adalah Kuningan, saat mereka meninggalkan bumi. 

Arwah kerabat yang telah meninggal kembali mengunjungi rumah mereka sebelumnya dan orang Bali memiliki tanggung jawab untuk ramah dan menyambut leluhur mereka melalui doa dan persembahan di seluruh rumah mereka. Tanda yang paling jelas dari perayaan tersebut adalah penjor - tiang bambu dengan sesaji digantung di ujung yang berjejer di jalan.

Galungan adalah perayaan besar dan bahagia di mana orang terhubung dengan Tuhan, makan makanan Bali yang enak dan mengenakan pakaian tradisional untuk mengunjungi pura dan keluarga mereka. Sejumlah hari di sekitar hari raya Galungan dan Kuningan memiliki nama khusus dan ditandai dengan penyelenggaraan kegiatan tertentu. 

Galungan dimulai pada hari Rabu Dungulan, minggu ke-11 dari 210 hari  penanggalan pawukon. Artinya, sering ada dua perayaan setiap tahun (masing-masing berjarak sekitar 7 bulan). Semua sekolah di seluruh Bali diliburkan selama 2 minggu untuk liburan.

3 hari sebelumnya – Penyekeban - Memasak pisang untuk persembahan

Keluarga memulai persiapan mereka untuk Galungan. “Penyekeban” berarti “hari untuk menutupi”, karena ini adalah hari ketika pisang hijau ditutupi dalam pot tanah liat yang besar untuk mempercepat pematangannya.

2 hari sebelumnya – Penyajaan - Pembuatan jaja (kue beras goreng) untuk sesaji

Menandai waktu introspeksi orang Bali dan waktu untuk membuat kue beras Bali dikenal sebagai  jaja . Kue berwarna ini terbuat dari adonan nasi goreng yang digunakan dalam sesaji dan dimakan pada Galungan.

1 hari sebelumnya – Penampahan - Pengorbanan babi atau ayam untuk pesta

Sehari sebelum Galungan, babi dan ayam diberkati dan disembelih secara seremonial untuk dijadikan makanan Galungan termasuk lawar, sejenis rujak pedas dan sate.

Hari H Galungan - Berdoa di Pura

uncak Galungan, masyarakat Bali mengenakan pakaian adat terbaiknya untuk menghadiri sembahyang di pura bersama keluarga dan membawa sesaji untuk dibagikan dan dinikmati setelah sembahyang. Ini adalah hari untuk mengingatkan diri mereka sendiri tentang garis keturunan panjang nenek moyang mereka dan kisah indah yang menjadi bagian dari mereka. Orang Bali menghubungkan kembali dan memperbaharui komitmen mereka untuk mencoba membuat hari esok menjadi hari yang lebih baik, mencoba membuat diri mereka lebih baik setiap hari. Semua pura lokal sangat ramai dan penuh warna pada Galungan, waktu yang indah untuk mengamati bagian paling menarik dari budaya spiritual Bali.

1 hari setelah Galungan - Manis Galungan - Mengunjungi Keluarga

Hari ini didedikasikan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan mengunjungi keluarga besar yang mungkin tinggal di bagian lain Bali. Jalan-jalan ramai karena banyak orang bepergian dan mengunjungi tempat wisata bersama - yaitu melakukan perjalanan sehari bersama ke kebun raya di Bedugul.

10 hari setelah Galungan - Kuningan - Doa, persembahan - arwah kembali ke surga

Setelah masa Galungan, arwah dan leluhur yang telah meninggal meninggalkan rumah dan kembali. Dewa Hindu termasuk Sang Hyang Widi, Tuhan Yang Maha Esa juga berkunjung untuk memberikan berkat kepada semua orang di bumi.

11 hari setelah Galungan - Manis Kuningan – Menghabiskan waktu bersama

Ini adalah hari setelah Kuningan di mana orang menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih, kebanyakan di kampung halaman. Tidak ada upacara keagamaan pada hari ini, namun Anda dapat melihat kemeriahan dari orang-orang yang merayakan sisa hari raya dan waktu istirahat bersama teman dan keluarga mereka.


Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023

1. Untuk teman-teman yang beragama Hindu. Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana.

2. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga kita bisa menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa

3. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerahnya kepada seluruh umat.

4. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun kita untuk meraih keharmonisan, kedamaian, dan kesejahteraan dalam hidup ini.

5. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023! Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa kita bisa menemukan Kerahayuan.

6. Selamat merayakan rangkaian Hari Suci Galungan dan Kuningan bagi teman-teman umat Hindu. Semoga membawa keberkahan dan kebahagiaan.

7. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua.

8. Selamat Hari Suci Galungan kepada saudaraku umat Hindu. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini.

9. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi yang merayakannya. Semoga kemenangan Dharma dan Adharma dapat diwujudkan dalam hidup dan keseharian kita.


Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023

10. Untuk semua sahabat yang merayakan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita dilimpahkan damai sejahtera dan kebahagiaan.

11. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita senantiasa dberikan kebaikan dan kesejahteraan dari segala penjuru dalam menggapai keinginan mulia dan dapat mengalahkan sifat Adharma yang ada pada diri kita. Svaha.

12. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

13. Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh Dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi jauh dari mara bencana.

14. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan majeng ring semeton umat Se-Dharma sareng sami. Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan

15. Kehidupan ini penuh dengan seribu kebahagiaan. Namun, untuk mencapainya diperlukan seribu pengorbanan. Terus-lah bekerja di jalan Dharma. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan!

16. Om Swastiastu Om Ano Bhadrah Krattawoyantu Wistawah. Rahajeng Rahina Galungan Ian Kuningan. Dumogi sareng sami manggih kerayahyuan. Om Santih Santih Santih Om…

17. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan! Semoga hari ini kita menciptakan Dharma di hati demi tercapainya kedamaian sejati.

18. Orang luar biasa selalu sederhana dalam bicaranya, tetapi hebat dalam tindakannya. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan!


Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023

19. Berbuat baiklah di dunia yang kamu hidupi saat ini, maka kamu akan temukan kehidupan yang berbahagia di kehidupan selanjutnya. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023.

20. Selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Ida Swangh yang Widhi Wara.

21. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, mari merayakan kemenangan ini dengan penuh rasa syukur, dan selalu mawas diri untuk menerapkan Dharma dalam kehidupan setiap hari.

22. Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu Indonesia yang merayakan. Saatnya kebaikan mengalahkan keburukan dan memberikan kedamaian untuk kita semua.

23. Saya ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan sahabat dan saudaraku yang merayakan! Semoga kita semua selalu diberkahi anugerah dan kesejahteraan.

24. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari kita menyambut hari kemenangan Dharma atas Adharma dengan hati yang suci, pikiran yang bersih, dan perbuatan yang baik.

25. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

26. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Dumogi sareng sami ngemolihang kerahajengan lan kerahayuan

27. Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua


Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023

28. Numbas pajeng ring Kedonganan, memargi nyambi numbas ajengan. Rahajeng Galungan lan Kuningan, dumogi iraga sareng sami nemu kerahajengan.

29. Selamat Hari Suci, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan pada alam semesta ini

30. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada kita sekalian dalam pengabdian kita sesuai dengan swadharma masing-masing.

31. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup.

32. Selamat Hari Suci Galungan, kepada kita semua khususnya umat Hindu dimanapun berada

33. Selama kita hidup selalu melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan.

34. Selamat hari suci Galungan, semoga Tuhan dan para leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.

35. Membeli payung di Kedonganan. Berjalan sambil membeli makanan. Selamat hari raya Kuningan, semoga kita menemukan keberkahan.

36. Izinkan saya mengucapkan selamat menyambut Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik


Ucapan Hari Galungan dan Kuningan 2023

37. Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan.

38. Rahajeng nyanggra rahine Galungan lan Kuningan (Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan). Di hari yang darma ini mari kita selalu menyebarkan kedarmaan kepada semua umat agar bumi ini menjadi ringan supaya jauh dari mara bencana.

39. Satukan kembali persaudaraan yang sempat terputus, rekatkan lagi persaudaraan yang sudah terjalin. Dari hati yang terdalam, aku meminta maaf jika ucapan dan perbuatanku sempat menyakiti hati. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan  sahabat se darmaku semuanya!

40. Satu senyum mengawali persahabatan, satu tawa menghapus kesedihan, dan satu doa memberikan harapan. Selamat hari raya Galungan.

41. Selamat hari raya Galungan dan Kuningan. Menikmati perayaan di hari  kemenangan, bersemayamlah darma di hati kita dalam puja. Semoga selalu diberkahi kedamaian.

42. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Rahajeng rahina galungan lan kuningan. Mari ciptakan Dharma di hati demi terciptanya kedamaian dalam hati.

43. Doa kami agar Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kedamaian untuk hidup kita dan negeri ini. Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan.

44. Kehidupan ini penuh dengan seribu kebahagiaan namun untuk mencapainya diperlukan seribu pengorbanan, Teruslah bekerja dijalan darma. Selamat hari raya Galungan dan Kuningan

45. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan umat Hindu sedharma.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya