Dua Kalimat Syahadat dan Artinya, Lengkap 5 Keutamaan Membacanya

Dua kalimat syahadat dan artinya adalah menjadi wujud persaksian atau pengakuan keesaan Allah.

oleh Laudia Tysara diperbarui 13 Feb 2023, 12:40 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 12:40 WIB
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, berselawat
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, berselawat. (Foto oleh mohammad ramezani/Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kalimat syahadat terdiri dari dua kalimat dengan keutamaan khusus. Bacaan dua kalimat syahadat dan artinya, berisi tentang ilmu ketauhidan. Syahadat menjadi wujud persaksian atau pengakuan keberadaan Allah dan Rasul-Nya.

Dalam buku berjudul Tuntunan Lengkap Rukun Islam & Doa: Kunci Beragama Secara Kafah (2017) oleh Dr. Moch. Syarif Hidayatullah, tulisan dua kalimat syahadat dan artinya adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

"Amalan paling utama setelah memeluk agama Islam adalah mengucapkan kalimat syahadat dengan benar." (Hadis Riwayat Tirmidzi)

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dua kalimat syahadat dan artinya, lengkap keutamaannya, Senin (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan Artinya

Ilustrasi muslim, berdoa, berselawat
Ilustrasi muslim, berdoa, berselawat. (Photo by Imad Alassiry on Unsplash)

Kalimat syahadat adalah bentuk ungkapan persaksian. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan dalam ajaran agama Islam, dua kalimat syahadat dan artinya adalah persaksian dan pengakuan (ikrar) yang benar, diikrarkan dengan lisan dan dibenarkan dengan hati bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah.

 

Tulisan dua kalimat syahadat Arab:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Tulisan dua kalimat syahadat Latin:

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah.

Tulisan dua kalimat syahadat dan artinya:

"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

 

Bacaan dua kalimat syahadat adalah pokok dari ajaran agama Islam dan masuk kategori ilmu tauhid. Dalam buku berjudul Tuntunan Lengkap Rukun Islam & Doa: Kunci Beragama Secara Kafah (2017) oleh Dr. Moch. Syarif Hidayatullah, tulisan dua kalimat syahadat dan artinya adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah SWT.

Dua kalimat syahadat oleh umat muslim selalu dibaca dalam setiap ibadah sholat lima waktunya (bacaan tahiyat). Sementara itu, bagi umat yang ingin masuk ke agama Islam menjadi mualaf, dalam Kitab Ghunyah oleh Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dua kalimat syahadat dan artinya harus dibaca serta diimani.

 

Tulisan dua kalimat syahadat dalam tahiyat bahasa Arab:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ,

Tulisan dua kalimat syahadat dalam tahiyat latin:

At Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. As Salaamu'Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu'Alaina Wa'Alaa Ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rosuuluh

Tulisan dua kalimat syahadat dalam tahiyat dan artinya:

 “Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan adalah bagi Allah. Semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan Allah tetap terlimpah atasmu wahai Nabi. Semoga keselamatan tetap bagi kami dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah, dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah utusan-Nya.”

 


Keutamaan Dua Kalimat Syahadat dan Artinya

Ilustrasi muslim, Islami
Ilustrasi muslim, Islami. (Photo by Rachid Oucharia on Unsplash)

Kalimat syahadat terdiri dari dua kalimat dengan keutamaan khusus. Menurut buku-buku tafsir atau kitab-kitab keagamaan, ada beberapa keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, antara lain:

- Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad bersabda bahwa barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat dengan benar dan sungguh-sungguh, maka mereka akan memperoleh syafaat darinya di hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

"Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat dengan benar dan sungguh-sungguh, maka mereka akan memperoleh syafaat dariku di hari kiamat." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad memberikan kabar gembira bahwa siapa saja yang mengucapkan kalimat syahadat dengan benar dan sungguh-sungguh, maka mereka akan memperoleh syafaat darinya di hari kiamat.

- Membuka pintu rahmat Allah

Menurut beberapa sumber, kalimat syahadat membuka pintu rahmat Allah dan membuat seseorang menjadi orang Muslim yang sejati.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

"Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat, maka pintu rahmat Allah akan terbuka baginya." (Hadis Riwayat Tirmidzi)

- Menghapus dosa

Ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa kalimat syahadat dapat menghapus dosa-dosa seseorang dan memberikan keamanan bagi mereka di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

"Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat, maka semua dosa-dosa mereka akan dihapuskan." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

- Menjadi amalan paling utama

Dalam ajaran Islam, kalimat syahadat adalah amalan paling utama setelah shalat dan membayar zakat. Ini karena kalimat syahadat adalah pokok dari ajaran Islam dan membedakan Islam dari agama lain.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

"Amalan paling utama setelah memeluk agama Islam adalah mengucapkan kalimat syahadat dengan benar." (Hadis Riwayat Tirmidzi)

- Mendapatkan pahala yang besar

Ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa kalimat syahadat memperoleh pahala yang besar dan memberikan kebahagiaan bagi mereka di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan dua kalimat syahadat dan artinya, sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mengucapkan kalimat syahadat dengan sungguh-sungguh, maka mereka akan memperoleh pahala yang besar." (Hadis Riwayat Muslim)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya