Penyebab Hb Rendah dan Cara Mengatasinya, Cegah Anemia

Hb rendah bisa dengan mudah diatasi.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 28 Mei 2023, 02:10 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2023, 02:10 WIB
Pengaruh Anemia
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Yunalya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab Hb rendah bisa dengan mudah diatasi. Hb atau Hemoglobin protein kaya zat besi dalam sel darah merah. Oksigen yang masuk ke paru-paru menempel pada hemoglobin dalam darah, yang membawanya ke jaringan di dalam tubuh. Penyebab Hb rendah bisa memengaruhi sel darah merah.

Penyebab Hb rendah biasanya menandakan bahwa seseorang mengalami anemia. Penyebab Hb rendah dapat menyebabkan kesehatan darah yang buruk. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti lelah, letih, lesu, dan lemah.

Jumlah hemoglobin yang rendah adalah hasil tes darah yang umum terlihat. Penyebab Hb rendah menyebabkan tubuh tidak memiliki cukup sel darah.

Penyebab Hb rendah dapat disebabkan oleh kondisi apa pun yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah merah atau kondisi yang menurunkan sel darah merah dalam aliran darah. Berikut penyebab Hb rendah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(27/5/2021).


Kadar hemoglobin normal

Fungsi Hemoglobin Dalam Darah
Ilustrasi Hemoglobin / Sumber: Pixabay

Kisaran normal untuk hemoglobin tergantung pada usia dan jenis kelamin seseorang. Kadar hemoglobin normal untuk pria adalah antara 14,0 dan 17,5 gram per desiliter (gm / dL). Sedangkan untuk wanita berada di antara 12,3 dan 15,3 gram / dL.

Dokter menentukan kadar hemoglobin dengan menganalisis sampel darah. Berbagai faktor mempengaruhi kadar hemoglobin termasuk usia, jenis kelamin dan riwayat kesehatan.

Kadar hemoglobin yang tinggi umumnya menyertai jumlah sel darah merah yang tinggi. Hemoglobin ditemukan dalam sel darah merah, sehingga semakin tinggi jumlah sel darah merah, semakin tinggi kadar hemoglobin dan sebaliknya.

Jumlah hemoglobin yang rendah umumnya didefinisikan sebagai kurang dari 13,5 gram hemoglobin per desiliter (135 gram per liter) darah untuk pria dan kurang dari 12 gram per desiliter (120 gram per liter) untuk wanita. Pada anak-anak, definisi bervariasi sesuai usia dan jenis kelamin. Ambang batas sedikit berbeda dari satu praktik medis ke praktik medis lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali level normal Hemoglobin (Hb) di setiap tahapan kehidupan, serta mengetahui jumlah hemoglobin Anda melalui pemeriksaan. Karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesehatan darah yang buruk.

Presented by Sangobion.
Presented by Sangobion.

Pada anak-anak, definisi bervariasi sesuai usia dan jenis kelamin. Ambang batas sedikit berbeda dari satu praktik medis ke praktik medis lainnya.


Penyebab Hb rendah

Mencegah Terjadinya Anemia
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Polina

kekurangan zat besi

kekurangan zat besi dalam makanan, membuat sumsum tulang lebih sulit untuk menghasilkan Hemoglobin. Ini sebabnya penting memenuhi nutrisi harian akan zat besi.

kekurangan folat atau vitamin B-12

kekurangan folat atau vitamin B-12, dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah daripada yang dibutuhkan.


Penyebab Hb rendah

Ilustrasi kanker darah
Ilustrasi darah (Sumber: PIxabay)

Kehilangan darah yang parah

Kehilangan darah yang parah setelah operasi atau cedera besar. Operasi atau cedera ini bisa menurunkan sel darah merah yang berujung pada kekurangan hemoglobin.

Pendarahan internal

Pendarahan internal (juga disebut perdarahan internal) adalah kehilangan darah dari pembuluh darah yang terkumpul di dalam tubuh. Perdarahan internal biasanya tidak terlihat dari luar. Pendarahan ini bisa berasal dari tukak lambung, kanker perut atau usus besar, atau luka dalam.


Penyebab Hb rendah

Hamil Tua
Ilustrasi Hamil Tua Credit: pexels.com/Lily

Kehamilan

Ibu hamil rentan mengalami anemia atau Hb rendah. Anemia yang berhubungan dengan kehamilan adalah sejenis anemia defisiensi besi. Ini terjadi karena kehamilan dan persalinan membutuhkan zat besi dalam jumlah yang signifikan.

Menstruasi yang berat

Menstruasi berat atau yang disebut dengan menorrhagia bisa menyebabkan anemia. Ketika kehilangan banyak darah selama menstruasi, tubuh mungkin akan kehilangan lebih banyak sel darah merah. Ini bisa mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan kesulitan membuat hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.


Penyebab Hb rendah

Risiko Penyakit Kanker
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels.com/Xiera

Anemia sel sabit

anemia sel sabit merupakan suatu kondisi genetik yang menyebabkan sel darah merah berbentuk sabit tidak normal dan mampu membawa lebih sedikit Hgb.

Gangguan sumsum tulang

Kondisi-kondisi ini, seperti leukemia, limfoma, atau anemia aplastik, semuanya dapat menyebabkan jumlah sel darah merah yang rendah.


Penyebab Hb rendah

Ginjal
Ilustrasi Ginjal Manusia Credit: pexels.com/pixabay

Gagal ginjal

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka tidak menghasilkan cukup hormon erythropoietin yang merangsang produksi sel darah merah.

Fibroid rahim

Ini adalah tumor yang biasanya tidak bersifat kanker tetapi mereka dapat menyebabkan perdarahan yang signifikan, yang menyebabkan jumlah sel darah merah lebih rendah.

Hipertiroidisme dan hipotiroidisme

Kadar hormon tiroid yang tidak normal, seperti hipertiroidisme dan hipotiroidisme, dapat menjadi penyebab potensial anemia. Mereka juga semua bisa menghasilkan gejala kelelahan. Namun, kondisi ini jarang ditemukan.


Cara menaikkan hemoglobin

Penyebab Perubahan Kadar Hemoglobin
Ilustrasi Pemeriksaan Kadar Hemoglobin dalam Darah Credit: pexels.com/Gustavo

Konsumsi makanan tinggi zat besi

Kadar hemoglobin yang rendah bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Mengatur kadar zat besi penting untuk mengurangi kelelahan, mengobati anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kondisi ini juga disebut anemia defisiensi besi. Makanan yang mengandung zat besi di antaranya adalah hati, bayam, kedelai, aneka daging, ikan, dan makanan yang difortifikasi.

Konsumsi makanan mengandung folat

Folat adalah vitamin B yang digunakan tubuh untuk memproduksi heme, bagian dari sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Tanpa folat yang cukup, sel darah merah tidak bisa matang. Hal ini dapat menyebabkan anemia defisiensi folat dan kadar hemoglobin yang rendah. Makanan yang mengandung folat di antaranya adalah daging sapi, bayam, alpukat, selada, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Maksimalkan penyerapan zat besi

Saat makan sesuatu yang tinggi zat besi atau mengonsumsi suplemen zat besi, cobalah makan makanan yang kaya vitamin C atau mengonsumsi suplemen pada saat bersamaan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang diserap tubuh. Cobalah memeras lemon segar di atas makanan kaya zat besi untuk meningkatkan penyerapan. Makanan tinggi vitamin C meliputi jeruk, stroberi, dan sayuran berdaun gelap lainnya.

Konsumsi suplemen zat besi

Jika perlu perlu banyak meningkatkan kadar hemoglobin, suplemen zat besi bisa jadi pilihan. Pilih suplemen zat besi sesuai dosis yang diberikan dokter.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya