10 Contoh Reseller Makanan Ringan Kekinian, Jadi Peluang Bisnis

Kamu bisa mencoba menjadi reseller makanan ringan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 08 Jun 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi Makanan Ringan
Ilustrasi Makanan Ringan (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Reseller makanan ringan termasuk ide bisnis dengan banyak keuntunga. Reseller adalah kelompok perusahaan atau individu perorangan yang membeli sebuah barang atau jasa, dan menjualnya kembali lagar mendapatkan keuntungan. Biasanya reseller membeli barang dari produsen atau distributor dengan harga yang lebih murah dan menjualnya dengan mengambil selisih harga.

Salah satu jenis reseller adalah reseller makanan ringan. Sebagai peluang bisnis, reseller makanan ringan punya banyak potensi keuntungan. Makanan ringan termasuk jenis usaha kuliner yang tak ada matinya.

Aneka jenis makanan ringan mulai dari tradisional dan kekinian banyak mendatangkan keuntungan. Kamu bisa mencoba menjadi reseller makanan ringan yang banyak dicari orang. Reseller makanan ringan bisa memberi keuntungan besar dengan modal yang kecil.

Ada banyak contoh reseller makanan ringan. Berikut contoh ide reseller makanan ringan kekinian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara memulai bisnis makanan ringan

Bisnis Online
Ilustrasi Bisnis Credit: pexels.com/Lukas

Tentukan target pemasaran

Pastikan bahwa produk makanan ringanmu diterima di lidah calon konsumen. Walaupun kamu menawarkan harga murah meriah sekalipun, jika tidak sesuai dengan selera konsumen, ini bisa menjadi kendala. Untuk analisis ini kamu bisa mencoba untuk melakukan survei kecil dengan menyebar sampel produk atau membuat kuisioner di media sosial.

Promosi yang Tepat

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk makanan ringanmu. Promosi yang paling sederhana adalah promosi dari mulut ke mulut. Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha kamu ke banyak orang. Ini berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia. Selain itu saat ini juga sudah banyak media promosi lain yang juga efektif, yaitu penggunaan media sosial.

Jaga kualitas produk

Jika produk sudah dikenal konsumen, mempertahankan kualitas yang baik adalah kunci sukses selanjutnya. Pastikan produkmu berkualitas baik dari segi kemasan, bahan, pengolahan, maupun pelayanan yang diberikan. Pastikan pula produkmu telah terdaftar dan teruji keamanan oleh pihak yang berwenang.

Inovasi

Karena bisnis makanan ringan begitu menjanjikan, banyak orang mencoba peruntungan didalamnya. Hal ini membuat persaingan timbul dalam bisnis ini. Agar mampu bersaing, kereatifitas dan inovasi dibutuhkan untuk mengunggulkan produk makanan ringanmu. Kamu bisa berinovasi dari sisi rasa, bentuk, warna, cara pemasaran, dan masih banyak lagi.

 


Contoh reseller makanan ringan

Ilustrasi Keripik Kentang
Ilustrasi Keripik Kentang (iStockphoto)​

Keripik

Keripik merupakan camilan yang banyak dimakan orang. Keripik dapat mengambil beragam bahan dasar seperti singkong, pisang atau buah-buahan. Pengolahannya pun tak cukup sulit dan cenderung lebih bertahan lama. Keripik juga bisa dipadukan menjadi aneka rasa bahkan keripik pedas begitu digemari orang Indonesia.

Kamu bisa berinovasi dengan jenis makanan ringan satu ini. Menambahkan rasa yang digemari masyarakat atau mengemasnya dengan manarik dapat membuat produk keripikmu dilirik oleh banyak calon konsumen.

Camilan pedas

Sudah tak dipungkiri lagi, masyarakat Indonesia merupakan penggemar makanan pedas. Banyak masakan Indonesia yang dapat ditemui di berbagai daerah memiliki citarasa pedas khas rempah Indonesia. Makanan pedas juga dapat menjadi pilihan bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

Jika menilik dari usaha-usaha makanan ringan pedas sebelumnya, seperti seblak, ceker pedas, hingga keripik pedas. Makanan-makanan pedas tersebut sukses mendapat hati tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Hal ini yang membuat bisnis makanan pedas makin menjamur dan tak pernah sepi pembeli.


Contoh reseller makanan ringan

Kerupuk Seblak
Kerupuk Seblak Khas Blora. (Liputan6.com/ Ahmad Adirin)

Kerupuk Seblak

Kerupuk seblak termasuk inovasi unik para penggemar makanan pedas. Kerupuk seblak termasuk camilan pedas kekinian dengan banyak penggemar. Sama dengan seblak basah, bisnis kerupuk seblak pun laris di pasaran. Rasa gurih dan pedas membuat ketagihan para pencinta pedas. Kamu bisa menggunakan kerupuk seblak sebagai ide reseller makanan ringan.

Basreng

Basreng atau baso goreng menjadi camilan kekinian yang digemari banyak orang. Karena kepopulerannya banyak reseller makanan ringan mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha basreng dengan beragam varian. Sejauh ini basreng memiliki pangsa pasar yang luas, selain itu bisnis makanan ini juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.


Contoh reseller makanan ringan

Ilustrasi mi lidi
Ilustrasi mi lidi | Merdeka.com

Mi lidi

Mi lidi merupakan salah satu jajanan legendaris di masa sekolah. Jajanan ini kini menjadi jajanan kekinian dan banyak menjadi produk para reseller makanan ringan. Rasa gurih mi dan bumbu yang bervariasi membuat siapapun ketagihan. Tak ada salahnya bila kemudian mi lidi ini jadi salah satu inspirasi untuk membuka bisnis. Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis ini lebih mudah untuk dimulai, selain juga modal yang relatif sedikit.

Usus krispi

Keripik usus termasuk camilan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih membuat camilan ini tak pernah sepi penggemar. Banyak reseller makanan ringan menjadikan usus sebagai produk andalannya. Keripik usus ini kini kerap disebut dengan usus krispi. Kamu bisa mencoba produk ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.


Contoh reseller makanan ringan

Home Industri Keripik Pisang
Pekerja memotong dan langsung menggoreng pisang untuk dijadikan keripik di Desa Cogreg, Parung Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/9/2020). Keripik Pisang tersebut akan dikirim ke pasar dengan harga Rp 35 ribu untuk menambah pilihan oleh-oleh dari Kota Hujan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Keripik Pisang

Keripik pisang termasuk keripik yang sering ditemukan pada reseller makanan ringan. Pilihan rasa yang banyak serta didukung dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik, membuat reseller makanan ringan memilih keripik pisang sebagai peluang bisnisnya. Beragam inovasi menarik membuat bisnis reseller makanan ringan ini bukan sekadar kekinian tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Stik talas

Selain dimakan dengan direbus atau digoreng, talas juga bisa dijadikan makanan ringan yang kekinian seperti stik talas. Rasa stik talas yang gurih membuat camilan satu ini banyak dipasarkan dan dijual dalam bentu reseller.


Contoh reseller makanan ringan

tahu krispi
ilustrasi tahu bakso/Image by Wow Phochiangrak from Pixabay

Tahu bakso

Tahu bakso termasuk produk yang sering ditawarkan reseller makanan ringan. Tahu sering diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk makanan ringan seperti tahu bakso. Tahu bakso bisa didapat dengan beragam varian. Ini misalnya seperti tahu bakso ikan, tahu bakso ayam, hingga tahu bakso daging.

Roti bakar

Roti bakar sudah sering ditemui di banyak tempat kuliner. Mulai dari gerobak pinggir jalan hingga restoran kekinian, kamu dapat menemui hidangan selingan satu ini. Bisnis roti bakar nampaknya banyak digandrungi para pelaku usaha kuliner. Reseller makanan ringan berupa roti bakar biasanya menawarkan bahan baku roti bakar seperti roti, selai, keju, dan bahan lainnya. Saat ini banyak bisnis roti bakar kekinian. Para pengusaha kuliner ini berlomba memberi inovasi rasa, tempat, dan pelayanan yang mampu menarik pembeli.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya