10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Pada Anak, Mudah Dilakukan di Rumah

Cara mengobati amandel secara alami yang bisa diterapkan pada anak ketika di rumah.

oleh Laudia Tysara diperbarui 27 Jun 2023, 16:50 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 16:50 WIB
Gejala Amandel
Ilustrasi Amandel | iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Penyakit amandel pada anak umumnya disebabkan karena infeksi virus dan bakteri. Virus influenza, epstein-bar, parainfluenza, enterovirus, herpes simpleks, dan bakteri streptococcus. Hal ini membuat cara mengobati amandel secara alami pada anak menjadi pilihannya. 

Jika terinfeksi virus dan bakteri maka pembengkakan pada amandel dan sakit tenggorokkan akan terjadi. Anak juga menjadi lebih rewel karena demam dan sulit menelan yang dialami. Nah, perhatikan cara mengobati amandel secara alami pada anak untuk memudahkan pemulihan penyakit ini.

Cara mengobati penyakit amandel secara alami pada anak ini bisa dilakukan di rumah. Ramuan yang digunakan juga bukan ramuan pahit seperti jamu. Ibu bisa mengandalkan buah, madu, teh, dan masih banyak lagi. Ibu hanya perlu lebih telaten untuk bisa memulihkannya lebih cepat.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati amandel secara alami pada anak dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020).


Mengandalkan Buah-Buahan

Ilustrasi Jambu biji | iStockphoto
Ilustrasi Jambu biji | iStockphoto

Jus Jambu Biji

Jus jambu biji sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Rasanya manis dan menyegarkan. Anak juga tidak akan sungkan mengonsumsinya. Namun, jangan sajikan jus jambu dengan es karena akan memperparah peradangan pada tenggorokkannya.

Buah jambu mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan amandel pada anak. Jus jambu biji ini bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu meringankan sakit amandel anak

Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu meringankan amandel pada anak. Cuka apel ini bisa digunakan untuk berkumur atau diminum. Cara mengobati amandel secara alami pada anak ini cukup mudah dilakukan. Cobalah untuk mencampur 1 sendok makan cuka apel dan madu dalam air hangat. Mintalah si kecil untuk berkumur-kumur sambil menengadahkan kepala, lalu telan perlahan.

Buah Tin

Buah tin termasuk jenis buah yang bisa membantu meredakan amandel pada anak. Cara mengobati amandel secara alami pada anak ini mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat tonsillitis. Hal ini disebabkan karena andungan lendir mucilage yang cukup tinggi di dalamnya.

Cara mengonsumsi buah tin untuk amandel anak:

- Rebus 3 buah tin segar. Bisa juga gunakan yang sudah dikeringkan

- Jika sudah matang, ambil dan haluskan buah tin seperti bubur

- Campurkan bubuk tin dengan 1 sendok makan madu

- Konsumsi racikan ini 2 atau 3 kali sehari untuk meredakan sakit amandelnya


Garam, Teh, Jeruk, dan Madu

Ilustrasi teh | Pixabay
Ilustrasi teh | Pixabay

Air Garam

Berkumur dengan air garam akan membantu anak meredakan amadelnya. Cara mengobati amandel secara alami pada anak akan membantu mengurangi ras sakit yang dialaminya. Meskipun sebenarnya cara ini hanya mempu mengurangi rasa sakit sementara saja. Cobalah untuk melarutkan garam dalam segelas air hangat. Minta anak untuk berkumur dengan menengadahkan kepala beberapa saat, lalu ludahkan.

Teh Hangat dan Madu

Teh hangat dan madu bisa dipadukan untuk mengobati amandel pada anak. Cara mengobati amandel secara alami pada anak ini bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat infeksi yang menyebabkan tonsilitis. Hal ini disebabkan karena sifat antibakteri pada teh dan madu.

Jeruk Nipis

Mengonsumsi jeruk nipis akan membantu meredakan rasa sakit akibat amandel pada anak. Cara mengobati amandel secara alami pada anak ini disebabkan kandungan jeruk nipis. Jeruk nipis ini dikenal memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Begitu juga kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan sistem imun anak secara alami.

Cara mengonsumsi jeruk nipis untuk amandel pada anak:

- Siapkan air hangat (bukan panas atau dingin)

- Tambah perasan air jeruk nipis atau lemon pada air hangat

- Tambah 2 sendok teh madu dan sedikit garam

- Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari untuk meringankan sakitnya


Memenuhi Nutrisi Anak

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Makanan Halus

Mengonsumsi makanan halus akan membantu anak lebih mudah menelan makanan. Hal ini membuat asupan nutrisi anak tetap terjaga dengan baik. Sertakan juga daging ayam, sup, nasi tim, bubur jamur, bayam, kale, dan brokoli dalam menu makanannya. Menu makanan ini juga akan membantu proses penyembuhan radang amandelnya. Sebab, menu makanan ini memiliki sifat antiradang cukup tinggi.

Banyak Minum

Banyak minum air putih akan meringankan amandel yang dialami anak. Cara mengobati amandel secara alami pada anak ini akan membantu memenuhi asupan cairan tubuhnya. Jika tidak terlalu suka mengonsumsi air putih, ibu bisa menggantinya dengan sup, kaldu, atau teh hangat. Saat sedang radang amandel lebih disarankan untuk minum air hangat.


Perhatikan Aktivitas Anak

ilustrasi anak tidur/pexels
ilustrasi anak tidur | Pexels

Istirahat Cukup

Istirahat cukup termasuk cara mengobati amandel secara alami pada anak. Hindari terlalu banyak beraktivitas atau bermain. Aktivitas padat justru akan membuat amandel semakin parah. Anak harus lebih banyak istirahat untuk membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Pastikan agar anak bisa tidur nyenyak pada siang hari dan malam harinya.

Humidifier

Udara kering di ruangan justru dapat memperlambat proses penyembuhan radang tenggorokan. Bahkan hal ini dapat memperparah iritasi amandel pada anak. Cobalah menggunakan humidifier untuk pelembap ruang sebagai cara mengobati amandel secara alami pada anak. Hal ini akan membantu menenangkan ketidaknyamanan pada amandel, terutama pada malam harinya. Istirahat yang ditemani humidifier akan sangat baik meredakan amandel.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya