Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Simak bacaan doa penutupan acara rapat dalam bahasa Arab dan Latin yang dilengkapi dengan artinya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 20 Jun 2023, 13:25 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 13:25 WIB
Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berdoa sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Doa penutup acara rapat bisa dipanjatkan bagi umat Muslim. Pada umumnya, sesi penutupan acara rapat ini sering diisi dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT secara bersama-sama agar acara yang telah selesai bisa membawa manfaat bagi yang mengikuti.

Rapat adalah kegiatan komunikasi di dalam organisasi untuk mengambil keputusan terkait kepentingan bersama. Dalam acara rapat ini akan diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa pula. Sehingga, memanjatkan doa penutup acara rapat tentu sudah tidak asing lagi.

Ada beberapa doa penutup acara rapat yang bisa anda panjatkan, dari bacaan doa yang singkat sampai doa yang panjang. Anda bisa memilih doa penutup acara rapat sesuai dengan waktu dan kondisi yang sedang dialami.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa penutup rapat dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya
Presiden terpilih Jokowi berdoa saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden-Wapres Terpilih dengan total 85.607.362 suara. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Berikut ini ada bacaan doa penutup acara rapat singkat yang bisa anda panjatkan dan hafalkan, yakni:

سُبْحَانَكَاللَّهُمَّوَبِحَمْدِكَ،أَشْهَدُأَنْلاَإِلَـٰهَإِلاَّأَنْتَ،أَسْتَغْفِرُكَ،وَأَتُوْبُإِلَيْكَ

Arab Latin: Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik.

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepada-Mu.” (HR. Ashhaabus Sunan dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/153.)

Doa Penutup Acara Rapat Secara Panjang

Selain bacaan doa penutup acara rapat secara singkat di atas, terdapat pula bacaan doa penutup acara rapat secara panjag adalah sebagai berikut:

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu ‘alaynaa mashooibad dunya.

Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj’alhul waaritsa minnaa, waj’al tsa’rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini.

Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami, dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.”

Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Latin dan Artinya

Dikutip dari buku berjudul Himpunan Doa-doa Pilihan karya Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, adapun bacaan doa penutup acara rapat dalam bahasa Latin dan artinya yang bisa anda panjatkan, yakni:

Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil'alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin. Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina 'adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin.

Artinya: "Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepadamu Ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah Swt., aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertobat hanya kepada-Mu. Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari azab api neraka."


Doa Pembuka Acara

Doa Penutup Acara Rapat dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya
Ilustrasi Rapat Evaluasi Kerja Credit: unsplash.com/Christinna

Doa pembuka acara sering kali dipanjatkan saat ada acara formal seperti seminar, rapat, hingga pidato. Berikut ini bacaan doa pembuka acara yang bisa anda panjatkan, yakni:

Alhamdulillahi rabbil ’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaa-i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Doa Pembukaan Acara Kegiatan

Selain bacaan doa pembuka acara kegiatan di atas, terdapat pula bacaan doa pembukaan acara kegiatan yang bisa anda panjatkan dan hafalkan adalah:

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan 'abduhuu warosuluh.

Artinya: "Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohonampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya