Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni yang Diajarkan Rasulullah, Simak Pula Terjemahannya

Simak bacaan doa sebelum belajar robbi zidni yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 21 Jun 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 10:30 WIB
Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni yang Diajarkan Rasulullah, Simak Pula Terjemahannya
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas. Photo by Max Fischer from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Doa sebelum belajar robbi zidni sudah tak asing lagi bagi setiap umat Muslim. Meskipun terbilang familiar, namun masih ada umat Muslim yang belum mengetahui arti dari doa sebelum belajar robbi zidni.

Dengan mengetahui arti doa sebelum belajar robbi zidni, maka umat Muslim tidak akan salah dalam mengartikannya. Doa sebelum belajar robbi zidni ternyata doa yang sudah menjadi tradisi yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Tujuan dari membaca doa sebelum belajar robbi zidni adalah untuk memohon keberkahan, kepahaman, rezeki, dan kemudahan dalam proses belajar. Berdoa sebelum belajar menjadi salah satu cara untuk menghormati ilmu pengetahuan dan mengingat sumber segala keilmuan adalah Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti doa sebelum belajar robbi zidni yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arti Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni

Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni yang Diajarkan Rasulullah, Simak Pula Terjemahannya
Ilustrasi mahasiswa sedang belajar di perpustakaan.

Biasanya kata Robbi Zidni berada di akhir kalimat dari doa sebelum belajar, kata tersebut memiliki arti yakni:

Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma

Artinya: "Tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman".

Doa sebelum belajar robbi zidni ini biasanya dibaca oleh umat Muslim agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah. Sedangkan versi panjang dari potongan kalimat di atas adalah sebagai berikut:

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Arab Latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma.

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."


Makna Kelanjutan Robbi Zidni

Doa sebelum belajar robbi zidni di atas memiliki kelanjutan kalimat yang perlu anda ketahui. Kelanjutan kalimat tersebut adalah Ilma Warzuqni Fahma. Biasanya, kalimat robbi zidni ini diucapkan di bagian akhir atau penghujung dari doa.

Arti Ilma Warzuqni Fahma merupakan kalimat lanjutan dari robbi zidni dalam doa belajar. Sehingga, kalimat ilma warzuqni fahma mempunyai arti yang masih berhubungan dengan robbi zidni artinya 'Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku'. Sementara, warzuqni fahma artinya adalah ' berikanlah aku rizki akan kepahaman”. Dengan demikian, arti dari serangkaian doa belajar robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah 'Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya'.


Kumpulan Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni yang Diajarkan Rasulullah, Simak Pula Terjemahannya
Ilustrasi Membaca Doa Niat Puasa Arafah Credit: shutterstock.com

Selain bacaan doa sebelum belajar robbi zidni di atas, ada beberapa bacaan doa sebelum belajar yang bisa anda lafalkan adalah:

1. Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab Latin: Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

2. Agar Ilmu dapat Bermanfaat dan Berkah

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Arab Latin: Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka". (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

3. Agar Ditunjukkan Ilmu yang Benar

Berikut ini bacaan doa sebelum belajar agar terhindar dari informasi atau ilmu kesesatan, yakni:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Arab Latin: Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

Selain membaca doa sebelum belajar di atas, anda juga memanjatkan doa memohon untuk dihindarkan dari informasi yang menyesatkan, yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Arab Latin: Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin la yanfa' wa qalbin la yakhsya' wa 'amalin la yurfa' wa du'ain la yusma'.

Artinya: "Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar."

4. Memohon Kepintaran

Berikut ini ada bacaan doa sebelum belajar agar tidak mudah melupakan ilmu-ilmu yang telah kita hafalkan. Berikut ini bacaannya:

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ

يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Arab Latin: Fahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa 'ilman, wa sakhkharna ma'a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa'ilin. Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu 'alayhi wa sallama 'alayhim ajma'in. Allahummarzqniyal fahma, wal 'ilma, wal hikmata, wal 'aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimin.

Artinya: "Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kamilah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang Maha Pengasih."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya