Penjelasan Misteri Penampakan Malaikat Maut di Penobatan Raja Charles III

"Malaikat maut" itu sempat disangka istri Pangeran Harry, Meghan Markle, yang menyamar untuk menghadiri acara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla.

oleh Asnida Riani diperbarui 11 Mei 2023, 21:01 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 21:01 WIB
Penobatan Raja Charles III
Penampakan malaikat maut di penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, 6 Mei 2023. (dok. tangkapan layar YouTube The Royal Family)

Liputan6.com, Jakarta - Identitas sosok misterius berkerudung hitam yang menyebabkan kegemparan saat penobatan Raja Charles III pada Sabtu, 6 mei 2023 telah terungkap. Alih-alih malaikat maut yang jadi dugaan banyak warganet, ia diidentifikasi sebagai verger, seorang pejabat gereja yang bertindak sebagai pengurus.

Newsweek melaporkan, seperti dikutip dari New York Post, Kamis, 11 Mei 2023, verger adalah orang yang terlihat berlarian di sekitar ruangan ketika kebaktian penobatan berlangsung. Verger didefinisikan sebagai seseorang yang bukan anggota pendeta biara, tapi membantu pelayanan gereja dan terkadang membawa tongkat di hadapan uskup atau pendeta.

Selama penobatan bersejarah, penggemar kerajaan melihat orang tersebut, dan turun ke Twitter untuk membahas kebingungan mereka. "Ada yang memperhatikan malaikat maut di Westminster Abbey?" kicau seorang pengguna, sedangkan yang lain menulis, "Ada yang melihat Grim Reaper muncul di Coronation?"

Penonton lain menyindir itu bisa jadi istri Pangeran Harry, Meghan Markle, yang menyamar. Mantan aktris berusia 41 tahun itu memilih tidak menghadiri acara tersebut dan tetap tinggal di rumah di Montecito, California bersama anak-anak mereka: Pangeran Archie dan Ratu Lilibet.

Rekaman itu juga sampai ke TikTok, di mana satu klip mencetak 8,8 juta penayangan. "NAH TIDAK MUNGKIN HANYA SAYA YANG MELIHATNYA," bunyi klip yang dimaksud. Salah satu pengguna TikTok berkomentar, "Diana membalas dendam." Yang lain menambahkan, "Ratu Elizabeth akan mengambil mahkotanya kembali."

Di momen viral lain dari penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, penggemar mengira Meghan menyelinap ke upacara melalui penyamaran yang sangat menarik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meghan Markle Tidak Hadiri Penobatan Raja Charles III

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camillaberdiri setelah memasuki Westminster Abbey melalui Great West Door di pusat kota London pada 6 Mei 2023, menjelang penobatan mereka. (YUI MOK/POOL/AFP)

Orang-orang percaya bahwa Meghan Markle datang mengenakan wig, kumis, dan kacamata. Idenya muncul ketika selama siaran penobatan, seorang komposer bernama Sir Karl Jenkins, terlihat sedang menggoyang-goyangkan "kumis di kursinya."

Banyak penggemar menyindir di media sosial tentang pria itu. "(Meghan), kamu tidak membodohi kami ..." tulis seseorang di Twitter. Pengguna lain menimpali dan mengatakan itu adalah aktris Snowpiercer Tilda Swinton dalam karakternya.

"Tunggu saja sampai ramuan polijus habis," kata seorang komentator, mengacu pada ramuan transformasi dari franchise Harry Potter. Faktanya, saat Harry berada di Inggris, Meghan terlihat hiking di California pada Minggu, 7 Mei 2023. Melansir Page Six, 7 Mei 2023, Duchess of Sussex dilaporkan hiking selama 40 menit.

Kedua anaknya tidak ikut bertualang di luar ruangan bersamanya. Wanita berusia 41 tahun itu hiking ditemani sahabatnya, Markus Anderson dan Heather Dorak. Meghan tampil kasual dengan atasan longgar warna biru tua, sepatu hiking cokelat, dan bawahan pakaian olahraga, dengan jaket hijau diikatkan di pinggangnya.

Mantan aktris itu melengkapi penampilannya dengan kacamata hitam berbingkai besar, syal, dan topi Panama putih. Meghan diketahui melewatkan acara penobatan Raja Charles III karena bertepatan dengan ulang tahun keempat Pangeran Archie.


Menjaga Kedamaian Diri

Tak Dampingi Pangeran Harry ke Penobatan Raja Charles III, Meghan Markle Pilih Hiking Bersama Teman
Tak Dampingi Pangeran Harry ke Penobatan Raja Charles III, Meghan Markle Pilih Hiking Bersama Teman.  foto: Instagram @wales_sussex_family

"Tidak mungkin Meghan melewatkan ulang tahun putranya," kata seorang sumber pada Page Six beberapa waktu lalu. Sementara itu, penulis biografi kerajaan Omid Scobie mengklaim awal bulan ini bahwa Meghan tidak pergi ke Inggris dalam upaya untuk "menjaga kedamaian dirinya."

"Ia menyadari bakal banyak sorotan yang tertuju padanya ketika ia menginjakkan kaki di sana. Ia tidak mau itu terjadi, dan membuat perhatian pada penobatan Raja Charles III jadi teralihkan," ucapnya dalam wawancara di program This Morning ITV.

Saat penobatan Raja Charles, Pangeran Harry dan Pangeran William sepertinya tidak bertemu muka, apalagi berinteraksi di hadapan publik. Dalam berbagai rangkaian acara, keduanya terlihat tidak bersama, salah satunya ketika pemberkatan untuk prosesi pemberian mahkota pada Raja Charles III dan Ratu Camilla oleh Uskup Agung Canterbury.

Melansir People, saat itu, Pangeran Wales serta Duke of Sussex tidak duduk bersama sepanjang kebaktian. Harry juga terlihat sempat pergi beberapa saat setelah upacara selesai.

 


Duduk di Baris ke-3 Saat Penobatan

Pangeran Harry Tiba di Westminster Abbey Seorang Diri
Harry duduk bersama di baris ketiga aula gereja saat penobatan Raja Charles III. (Yui Mok, Pool via AP)

Karena bukan anggota keluarga kerajaan yang bekerja, Harry tidak diizinkan tampil di balkon Istana Buckingham bersama kerabatnya. Ia juga tidak mengampil peran formal dalam prosesi. Meski tidak tampak berbicara dengan kakaknya di acara bersejarah itu, Harry digambarkan tersenyum lebar di sana.

Harry ditempatkan di baris ketiga tempat duduk keluarga kerajaan bersama Pangeran Andrew yang juga tidak aktif lagi menjalankan tugas-tugas kerajaan. Harry terlihat memasuki Westminster Abbey bersama sepupunya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, tempat mereka kemudian duduk berjejer di aula gereja kerajaan.

Ia menepuk punggung suami Putri Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, dengan senyum di wajahnya, sebelum mengambil tempat di samping Jack Brooksbank, suami Putri Eugenie, di baris ketiga. 

Ia menyaksikan upacara di belakang saudara perempuan Raja, Putri Anne, dan Duke of Kent, sepupu pertama Ratu Elizabeth II, mengenakan jubah Garter di baris kedua. Di depan adalah Pangeran dan Putri Wales dan anak-anak mereka: Putri Charlotte dan Pangeran Louis, serta saudara laki-laki Raja Duke Edinburgh yang baru, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya