Sejarah Hari Jomblo Sedunia yang Awalnya Dirayakan para Lajang di China

Tanggal 11 November setiap tahun dirayakan sebagai hari jomblo sedunia atau Single's Day. Tentu kata jomblo yang hanya dimengerti oleh masyarakat Indonesia akan berbeda dengan tradisi di negara lain, salah satunya China.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 11 Nov 2023, 14:33 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2023, 14:33 WIB
Punya Standar Ideal yang Kurang Realistis
Ilustrasi Perempuan Jomblo Credit: pexels.com/Andrea

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 11 November setiap tahun dirayakan sebagai hari jomblo sedunia atau Single's Day. Tentu kata jomblo yang hanya dimengerti oleh masyarakat Indonesia akan berbeda dengan tradisi di negara lain, salah satunya China.

Mengutip dari laman Time, Sabtu (11/11/2023), mengenai sejarah hari jomblo sedunia, dulu bermula ketika Yue Xu memulai bisnis konsultasi kencan untuk pria di Beijing sekitar tahun 2013. Dia menyadari bahwa banyak kliennya telah menetapkan hari yang sama untuk berhenti dari masa lajangnya.

Batas waktu tersebut jatuh pada tanggal 11 November, atau 1-1-1-1, yang dikenal sebagai Hari Jomblo Nasional Tiongkok. "Daripada melihatnya sebagai cara untuk merayakan masa lajang, mereka melihatnya sebagai sebuah tanggal berakhirnya," kata Xu. "Ini adalah hari terakhir aku melajang."

Namun tidak selalu seperti itu. Menurut cerita, mahasiswa di Universitas Nanjing memulai Hari Jomblo pada tahun 1993 yang dirayakan sebagai cara untuk merayakan kelajangan, sebagian besar dengan membeli hadiah untuk diri mereka sendiri.

Tetapi menurut Xu, yang mempelajari tren kencan di Tiongkok, konsep "lajang" di negaranya hanyalah fenomena perkembangan yang baru terjadi sekarang ini. "Tiongkok dulunya adalah masyarakat yang tidak memiliki budaya berkencan," katanya.

"Tidak ada kencan untuk berubah menjadi suatu hubungan. Anda melihat seseorang jika Anda dapat menikahinya atau Anda tidak akan pernah melihatnya lagi. Semuanya atau tidak sama sekali," katanya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jomblo dan Berkencan Adalah Budaya Barat

Jomblo
Ilustrasi/copyright Unsplash.com/Yuri Levin

Xu menyambung bahwa orang-orang ditanya apakah mereka sudah menikah atau "belum menikah" daripada sudah menikah atau "lajang." Label "single" mulai muncul dalam beberapa dekade terakhir, sebagian besar disebabkan oleh paparan terhadap budaya Barat, dalam film dan televisi.

Ketika konsep tersebut diterima secara umum, maka konsep tersebut menjadi semakin penting. "Lajang sama saja dengan mengatakan Anda lapar (daripada mengatakan Anda belum makan),"jelas Xu. "Itu artinya kamu membutuhkan sesuatu. Dan Tiongkok menciptakan tuntutan bagi orang-orang untuk menikah."

Meskipun tekanan ini dibebankan pada laki-laki dan perempuan, menurut pengalaman Xu, laki-laki lah yang paling lapar. Hal ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya kesenjangan gender di negara ini. Di Tiongkok, diperkirakan akan ada 30 juta lebih banyak laki-laki dewasa dibandingkan perempuan pada tahun 2020.

Pada 2009, Hari Jomblo awalnya dipasarkan untuk laki-laki sebagai "Hari Sarjana", meskipun sekarang diperingati oleh semua gender.  

 


Jadi Hari Belanja Online Besar-besaran

Namun sama seperti Hari Valentine yang dianut oleh Hallmark dan perusahaan lain di A.S. Hari Valentine di Tiongkok dengan cepat dikooptasi oleh raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba, yang mengikuti acara tersebut pada tahun 2009 dan mengubahnya menjadi hari online besar-besaran. 

Singles’ Day tahun lalu menghasilkan penjualan sebesar 5,8 miliar dolar AS selama 24 jam, jumlahnya 2,5 kali lebih banyak dibandingkan Cyber Monday di Amerika Serikat. Jelas sekali ritel tidak mengenal batas geografis.

Dan Xu mengatakan bahwa ini bukan hanya masa di mana orang-orang membeli balon dan bunga untuk diri mereka sendiri. Sebaliknya, mereka menggunakan penjualan tersebut untuk membantu menjadikan Hari Jomblo ini sebagai hari terakhir mereka.

"Ada acara karaoke kencan, kencan buta," ujarnya. "Banyak orang menggunakan hari ini untuk menemukan cinta dalam hidup mereka."

"Ini tentang memberikan hadiah yang akan memikat seseorang yang sempurna," ujar direktur pelaksana Marbridge Consulting Mark Natkin, kepada HuffPost. "Jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar, Anda hanya perlu melakukan pembelian itu satu kali."


Budaya Amerika Pengaruhi Hari Jomblo

Asal Usul Hari Jomblo Sedunia yang Jatuh pada 11 November
Ilustrasi pergi bersama dengan teman-teman. (dok. Unsplash.com/Felix Rostig)

Meskipun budaya Amerika mungkin ikut bertanggung jawab atas Hari Jomblo, beberapa perusahaan kini berupaya menghadirkan hari libur Tiongkok ke Amerika. "Tahun ini untuk Singles Day, kata kunci kami adalah globalisasi," tulis Tmall, CEO situs Alibaba, Wang Yulei untuk Sina Tech.

Ia menambahkan dan telah terbukti bahwa, "Singles Days di masa depan pasti tidak hanya diperuntukkan bagi konsumen di wilayah tertentu, Singles Day akan diperuntukkan bagi seluruh dunia."

Dealmoon, situs e-commerce keturunan Tionghoa-Amerika, menggunakan tahun ini untuk memaparkan hari libur tersebut kepada pemirsanya di Amerika. Mereka menjelaskan hari libur tersebut kepada para pedagangnya – yang mencakup perusahaan mulai dari Panasonic hingga Clinique – yang langsung menyetujui promosi Hari Jomblo.

Lebih dari 50 penawaran eksklusif akan ada di situs pada hari Selasa. "Ini adalah hari untuk berbelanja," kata CEO Dealmoon Jennifer Wang kepada Time. "Kami berharap dapat memperluasnya ke audiens Amerika. Kesepakatan tetaplah kesepakatan."

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya