Kartolo, Ikon Ludruk Tradisional Jatim

Kartolo adalah salah satu ikon seni lawak tradisional Jatim yang masih bertahan hingga kini. Dengan lawakan khasnya Kartolo tak sekadar menghibur, tapi juga menjadi pembawa pesan moral.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Jul 2008, 13:32 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2008, 13:32 WIB
080720bsosok.jpg

Liputan6.com, Surabaya: Kartolo merupakan salah satu ikon seni lawak tradisional Jawa Timur yang masih bertahan ketika hiburan modern menyerbu lewat berbagai media. Seniman ludruk tradisional asal Surabaya yang dikenal luas di Jatim ini konsisten menjalani profesinya.

Dengan lawakan khasnya, Kartolo tak sekadar menghibur penonton, tapi juga menjadi media penghantar pesan moral. Bagi dia, menghibur orang adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidupnya. Lawakan Kartolo telah berbuah 80 album rekaman. Bahasa yang lugas membuat Lawak Kartolo mudah diserap semua kalangan. "Memberi wawasan," kata salah seorang warga.

Demikian juga dengan Pemilihan Gubernur Jatim yang akan diselenggarakan tiga hari lagi. Melalui Liputan 6 SCTV, Kartolo mengimbau agar warga menyiapkan diri dan hati nuraninya memilih pemimpin Jatim. "Segala persoalan diselesaikan secara damai," imbuh Cak Kartolo.(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya