Fakultas akan Dibekukan, Mahasiswa Mengamuk

Unjuk rasa mahasiswa IKIP Mataram, NTB, yang menuntut kejelasan status Fakultas MIPA berakhir bentrok fisik dengan petugas satpam kampus. Akibat bentrok, sejumlah kaca kampus pecah dan satu mahasiswi dibekuk polisi.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jan 2009, 17:39 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2009, 17:39 WIB
090117cbentrok_mhs1.jpg
Liputan6.com, Mataram: Unjuk rasa mahasiswa IKIP Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (17/1), berakhir bentrok. Sejak awal, aksi mahasiswa menuntut kejelasan status Fakultas Mipa jurusan Fisika sudah terasa panas. Pasalnya, puluhan mahasiswa akan memboikot aktivitas kampus dan menduduki sekretariat jurusan.

Bentrokan tak terhindarkan saat sejumlah petugas satuan pengaman kampus bereaksi dengan memukuli mahasiswa dan mengejarnya hingga keluar kampus. Mahasiswa yang tersudut membalas dengan melempar batu ke gedung kampus dan petugas satpam. Akibatnya sejumlah kaca kampus pecah. Dalam unjuk rasa ini, satu mahasiswi ditangkap karena diduga terlibat aksi pelemparan.

Menurut para mahasiswa, aksi yang ketiga kali ini dilakukan karena cemas kemungkinan dibekukannya aktifitas jurusan mereka. Pasalnya, status Fakultas MIPA jurusan Fisika hingga kini belum juga terakreditasi meski telah kuliah hingga semester lima. Sementara pihak kampus bersikeras menyatakan proses akreditasi tengah dilakukan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.(BOG/Adhar Hakim dan Rony Setiawan)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya