ERP Jakarta Siap Diuji Coba 15 Juli

Kerangka gerbang ERP telah terbentuk di depan Panin Bank, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 04 Jul 2014, 11:53 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2014, 11:53 WIB
ERP-Lip-pagi-140604
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Kerangka gerbang (gantry) Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar telah terbentuk di depan Panin Bank, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Proses pemasangan gerbang tersebut dilakukan sejak Kamis 3 Juli malam.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan, pemasangan gerbang ERP akan dilakukan selama 1 pekan. Sehingga, rencananya pada 15 Juli, gerbang yang dibuat oleh perusahaan asal Swedia, Kapsch siap digunakan untuk uji coba.

"Diharapkan uji coba ERP akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli sekitar 15 Juli 2014 mendatang," kata Akbar saat dihubungi, Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Saat ini, menurut Akbar, kerangka gerbang yang sudah terpasang berada di sisi barat atau lajur yang mengarah ke Semanggi. Sementara, untuk sisi timur, baru akan dipasang malam ini. Meski belum dipasangi mesin pendeteksi kendaraan, gebang ERP tersebut sudah mulai terbentuk.

"Sudah terpasang satu yang sisi barat, bentuknya sudah terlihat seperti gerbang ERP di kota-kota lainnya," ujarnya.

Mantan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat itu menjelaskan, pada gerbang ERP akan dipasang 3 mesin untuk mendeteksi On Board Unit (OBU) yang nantinya dimiliki setiap kendaraan roda 4. Ketiga mesin itu, yakni VDC Passage (sensor untuk mendeteksi jenis kendaraan), VR sensor (kamera yang bisa mengambil gambar pelat nomor kendaraan kalau melanggar aturan atau sisi pengawasan), dan yang terakhir adalah Transceivers (penerima data dari OBU).

"3 mesin itu 1 set. Jadi nanti, kendaraan yang sudah terpasang OBU dan melintas saldonya akan terpotong langsung. Sementara bagi kendaraan yang tidak memiliki OBU, juga akan langsung terdeteksi dan direkam nomor polisi kendaraannya. Kendaraan yang melanggar akan mendapatkan surat tilang," ucapnya.

Akbar mengatakan, dalam masa uji coba nanti, ada 50 kendaraan yang akan dipasangkan OBU. Itu dilakukan mengetahui kinerja dan kemampuan mesin-mesin yang berada di gerbang ERP untuk mendeteksi kendaraan yang dipasang OBU. Uji coba penerapan ERP sendiri dilaksanakan pada 3 sampai 6 bulan. (Ein)

Baca juga:

Sistem ERP Mulai Diterapkan di Jakarta 2015

Dewan Transportasi: Efektivitas ERP Tergantung Tarif

Sistem ERP Mulai Diterapkan di Jakarta 2015

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya