Panglima TNI: Inovasi Teknologi Urai Ketergantungan Alutsista

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk apresiasi ke militer dan masyarakat yang mengembangkan produk inovatif.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 12 Okt 2014, 21:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2014, 21:00 WIB
Jenderal Moeldoko
(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberikan penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014, kepada 10 pemenang lomba penghargaan inovasi, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Moeldoko mengatakan, lomba Inovasi ini merupakan pertama kali digelar TNI. Ia pun menjamin, berbagai inovasi yang ditemukan ini tak akan berhenti di tahap penghargaan. Namun, akan dikembangkan yang kemudian digunakan untuk kepentingan negara, sehingga tak sekadar seremoni.

"Saya pastikan inovasi-inovasi yang kita temukan ini pasti akan kita tindak lanjuti. Mengurai ketergantungan dan harga murah. Panglima TNI jamin sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pasti akan dikembangkan," ujar Moeldoko dalam jumpa pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (12/10/2104) malam.

Moeldoko mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai apresiasi kepada satuan militer maupun masyarakat umum, yang telah mengembangkan produk-produk inovatif. "Terima kasih kepada para inovator baru yang mampu menghasilkan karya luar biasa untuk kepentingan TNI dan bangsa," ucap dia.

Ada 3 kategori yang dilombakan yakni inovasi teknologi, inovasi pendekatan kemanusiaan, dan inovasi SDM. Adapun penghargaan yang diberikan, yakni 3 penghargaan alutsista TNI, 3 non-alutsista, 2 penghargaan ko-inovasi TNI dan pemerintah daerah, 2 penghargaan ko-inovasi TNI dan individu/tim/organisasi/lembaga publik di luar TNI.

Lomba inovasi yang merupakan kerja sama TNI dengan CIS School of Innovation, juga dihadiri Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif C Sutardjo, para rektor universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan lainnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh musisi legendaris Iwan Fals, Fitri Carlina dan penampilan joget dari prajurit TNI, serta pertunjukan video mapping. (Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya