9 Srikandi Pansel KPK Pilihan Jokowi Bikin Menteri Yohana Bangga

Dia pun berharap, 9 srikandi Pansel Capim KPK tersebut dapat menjawab tantangan yang telah diberikan oleh Presiden Jokowi.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 21 Mei 2015, 14:13 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2015, 14:13 WIB
Menteri Yohana Susana Yembise Kunjungi Liputan6.com
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise melakukan kunjungan ke kantor Liputan6.com, Jakarta, Senin (19/5/2015). Yohana berkeliling melihat aktivitas redaksi. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ‎Yohana Suzana Yembise ‎mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi yang memilih 9 perempuan untuk duduk sebagai Pantia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan KPK. Yohanna mengatakan, keputusan tersebut membuat dirinya bangga. Bagi dia, ini adalah sebuah langkah maju bagi perempuan di Indonesia.

"Saya justru bangga sekali. Saya ucapkan selamat. Menteri siapa yang tidak bangga kalau perempuan-perempuannya diberikan sebuah tanggungjawab yang besar kepadanya," ujar Yohanna dalam sebuah acara di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (21/5/2015).

Menurut dia, keterlibatan 9 perempuan tersebut menambah daftar nama perempuan Indonesia yang diberi tanggungjawab untuk mengemban jabatan strategis di pemerintahan. ‎Apalagi Perserikatan Bangsa-bangsa mencanangkan pada tahun 2030 dunia mencapai kesetaraan gender yang disebut dengan Planet 50:50.

Sehingga, kata dia, tak ada lagi kondisi 30:70 atau ketika lelaki lebih mendomminasi.

"Ini kan kita sekarang lagi menuju Planet 50:50 (pada) 2030, jadi dengan adanya keterlibatan perempuan-perempuan pada jabatan strategis, saya cukup bangga, apakah 15 tahun ke depan Indonesia sudah bisa 50:50, saat ini 30 saja kita sekarang masih belum mampu," ucap sang menteri.

Dia pun berharap, 9 srikandi Pansel Capim KPK tersebut dapat menjawab tantangan yang telah diberikan oleh Presiden Jokowi. Sehingga mereka bisa menghasilkan para calon pemimpin KPK yang mampu menjalankan tugas pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kita harapkan srikandi ini harus terus bekerja dengan jujur dan bijaksana agar bisa jadi contoh bagi srikandi lain yang lebih bermartabat mampu menemukan pejabat-pejabat di KPK yang baik, yang bisa mewujudkan clean goverment dan juga free corupption, dan itu tugas mereka," ucap dia. ‎

Presiden Jokowi sebelumnya mengumumkan nama-nama yang akan mengisi posisi Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK. Pansel itu diisi 9 perempuan dengan latar belakang keahlian di beberapa bidang. ‎ (Ndy/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya