Jokowi Serahkan 16 Jenazah Korban Jatuhnya Hercules ke Keluarga

Berjas hitam dan berdasi merah, Jokowi langsung memimpin upacara serah terima jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 01 Jul 2015, 19:40 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2015, 19:40 WIB
Jokowi Terima 16 Jenazah Korban Jatuhnya Hercules di Halim
Berjas hitam dan berdasi merah, Jokowi langsung memimpin upacara serah terima jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules. (Faizal Fanani/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memimpin prosesi upacara serah terima jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dalam upacara itu, Jokowi menyerahkan sebanyak 16 Jenazah yang dibawa dari Lanud Soewondo, Medan, kepada keluarga di Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, pada Rabu (1/6/2015) malam, ayah 3 anak itu tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma pukul 18.40 WIB. Berjas hitam dan berdasi merah, dia langsung memimpin upacara serah terima jenazah.

Jokowi yang terlihat mengenakan setelan jas hitam itu langsung memimpin upacara serah terima jenazah kepada keluarga korban. Sebanyak 16 je‎nazah yang diangkut dengan pesawat jenis CN 295 dan pesawat Hercules  itu pun satu per satu dimasukkan ke mobil jenazah oleh Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU untuk diserahkan dan diantar ke rumah keluarga masing-masing.

Jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Faizal Fanani/Liputan6.com)

Tabah

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menganggap para prajurit TNI yang gugur dalam kecelakaan tersebut merupakan para prajurit terbaik yang dimiliki oleh TNI. Mewakili seluruh masyarakat Indonesia, Jokowi mengungkapkan rasa belasungkawa kepada seluruh keluarga korban.

"Telah gugur meninggalkan kita putra terbaik TNI, putra terbaik bangsa kita. Mereka gugur bersama para penumpang lainnya di pesawat Hercules C-130," ujar Jokowi mengawali sambutannya di lokasi, Jakarta.

"Kita juga berduka dengan jatuhnya korban jiwa yang juga berasal dari masyarakat Kota Medan akibat jatuhnya pesawat Hercules ini, kepada seluruh anggota keluarga yang berduka, kepada jajaran TNI, dan masyarakat Kota Medan, atas nama masyarakat Indonesia dan pribadi, saya sampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," imbuh dia.

Suami Iriana itu pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk turut mendoakan korban jatuhnya pesawat tersebut.

"Di bulan Ramadan yang suci ini saya mengajak seluruh rakyat Indonesia berdoa untuk para korban. Semoga diampuni seluruh dosanya dan terima di sisi Allah dan kita diberi kekuatan untuk menghadapi musibah ini," ucap Jokowi.

Setelah menyampaikan amanatnya, Jokowi kemudian menghampiri perwakilan keluarga para korban pesawat nahas tersebut.

Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, dan Menko Polhukam, Tedjo Edhy Purdjiatno, mendampingi, menghampiri satu per satu perwakilan keluarga untuk menyampaikan belasungkawanya. (Ndy/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya