Antusias Warga Hadiri Tabligh Akbar Ustaz Adi Hidayat di Banjarbaru Kalsel

Acara tabligh akbar digelar Yayasan Abdul Azis Halaby bersama Ustaz Adi Hidayat (UAH) di Sofia Residence 2, Kecamatan Loktabat Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

oleh Tim News diperbarui 20 Jul 2024, 20:42 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 21:01 WIB
Acara tabligh akbar digelar Yayasan Abdul Azis Halaby bersama Ustaz Adi Hidayat (UAH) di Sofia Residence 2, Kecamatan Loktabat Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Acara tabligh akbar digelar Yayasan Abdul Azis Halaby bersama Ustaz Adi Hidayat (UAH) di Sofia Residence 2, Kecamatan Loktabat Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Liputan6.com, Jakarta - Acara tabligh akbar digelar Yayasan Abdul Azis Halaby bersama Ustaz Adi Hidayat (UAH) di Sofia Residence 2, Kecamatan Loktabat Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Antusias warga terlihat sejak ba'da magrib, mereka memenuhi seluruh area lapangan Sofia Residence 2.

Pimpinan Yayasan Abdul Azis Halaby, Erna Lisa Halaby berharap, tabligh akbar bersama Ustaz Adi Hidayat (UAH) dapat memuaskan para pecinta UAH yang ada di Kota Banjarbaru dan sekitarnya.

"Alhamdulillah, Tablik Akbar bersama UAH hari ini Jumat (19/7/2024) bisa terealisasi. Kami sangat bersyukur karena beliau bisa datang dan menyampaikan kajian Ke-Islaman secara langsung," ujar Erna melalui keterangan tertulis, Jumat (19/7/2024).

Kemudian, dalam tausiahnya Ustaz Adi Hidayat (UAH) menyampaikan kisah seorang kakek yang merawat musala di sebuah desa.

"Saking ikhlasnya merawat musala, pada suatu ketika datang seorang dermawan dari Qatar ingin merenovasi musala. Tetapi syaratnya si kakek itu yang merawat," ucap dia.

"Siapa yang mengirimkan Dermawan dari Qatar itu? Allah kalau sudah senang dengan niat kita, iklas kita, ibadah kita. Allah mengirimkan penguat dan dan peyakin amalan kita akan mengantarkan kepada husnul khotimah," sambung Ustaz Adi Hidayat (UAH).

Dia menjelaskan, setelah musala selesai direnovasi, sang kakek pun merawatnya dengan ikhlas, azan, hingga menjadi imam salat. Setiap Senin dan Kamis, kata Ustadz Adi Hidayat (UAH), sang kakek berpuasa. Hingga pada suata saat, Sang Kakek meninggal dunia saat berpuasa sunnah Kamis.

"Beliau meninggal dalam keadaan mulia, di hari mulia dan di tempat mulai yang setiap saat dirawatnya," tutup Ustaz Adi Hidayat (UAH).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral Bangunan Replika Ka'bah Ada di Jepara, Ternyata Sebuah Musala

Ka'bah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru
Replika Ka'bah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Liputan6.com/ist)

Sebuah unggahan viral di media sosial yang mengungkap bangunan mirip ka'bah di Makkah. Meski bentuknya lebih kecil, namun hampir setiap sudut bangunan itu mirip dan bahkan terdapat batu hajar aswad, meskipun cuma replika.

"Replika replika ka'bah Jepara," tulis akun @hany_bmj di TikTok pada Minggu, 16 Juni 2024.

Dalam video ia memperlihatkan bangunan mirip ka'bah itu yang lokasinya ada di Mulyoharjo, Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Replika tersebut berada di depan sebuah rumah mewah, dengan jalanan yang cukup untuk dua mobil.

Bangunan kotak itu ternyata sedang didatangi beberapa orang pengunjung. Ternyata jika dilihat dari dekat, kain yang biasanya menutupi ka'bah di Makkah tidak ada.

Tapi dindingnya dicat dan beri batu bata dengan bebatuan seperti halnya ka'bah. Begitu juga kain hitam dan putih, serta ornamen emas pada penutup kakbah dibuat mirip tapi dari material yang permanen.

Selanjutnya video mengarahkan pada jalan masuk ke dalam replika ka'bah tersebut yang berada di samping, bukan bagian depan. Ternyata bangunan tersebut adalah masjid, tempat salat warga sekitar.

Isinya seperti halnya masjid atau musala, terdapat minbar dan sajadah yang terbentang di lantai. Di langit-langitnya yang memiliki ukiran juga terdapat lampu dan di sudut bawah ada tangga untuk menuju lantai dua. Tangga berlantai marmer itu merupakan jalan menuju tempat salat untuk jamaah akhwat.

 


Ternyata Dibangun dari Tanah Wakaf

Ilustrasi ka'bah, ibadah haji
Ilustrasi ka'bah, ibadah haji. (Photo by Izuddin Helmi Adnan on Unsplash)

Konten yang disukai oleh lebih dari 16,5 ribu pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar warganet. Di antaranya mereka merasa takjub dengan masjid tersebut.

Di kolom komentar juga terungkap bahwa orang uang membangun masjid tersebut adalah pemilik rumah besar di depan replika tersebut. Bangunan tersebut juga ternyata musalah, bukan masjid.

"Sekarang masjid banyak yang mewah dan megah, sayang yang solat sedikit," tulis warganet.

"Kayaknya replika pertama kakbah," kata warganet.

"Enak banget ya rumah di depan itu solat di lantai dua pemandangannya langsung kakbah lagi liatnya," sebut warganet.

"Zaman belum viral aku sering lewat tapi belum pernah mampir," tulis yang lain.

"MasyaAllah kalau ada di Kalimantan aku mampir sholat di masjid kak'bah," harap warganet.

"Bagus banget masjid bentuk kakbah masyaAllah tabakarallah," yang lain menimpali.

"Rumah putih itu yang buat masjidnya lalu diwakafkan untuk desa dan seluruh warga, aku tahu karena aku tetangganya," tulis warganet yang mengaku penduduk sekitar.

infografis Journal_Tradisi Islam Sudah Melekat pada Kartini Sejak Kecil
infografis Journal_Tradisi Islam Sudah Melekat pada Kartini Sejak Kecil (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya