F-PDIP Tak Mungkin Tolak Tito Jadi Kapolri Pilihan Jokowi

PDIP berupaya menghindari adanya kepentingan tertentu dalam setiap keputusan yang dianggap penting, seperti pemilihan calon Kapolri.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 23 Jun 2016, 13:13 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2016, 13:13 WIB
Komjen Pol Tito Karnavian saat mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR
Komjen Pol Tito Karnavian saat mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Basarah menegaskan sikap partainya yang mendukung keputusan Presiden Joko Widodo mengajukan Tito Karnavian sebagai calon Kapolri tunggal.

"Tidak mungkin PDIP menolak calon Kapolri yang diusulkan presiden. Dari SBY saja kami terima, apalagi Jokowi yang merupakan kader PDIP," ujar Basarah saat menyampaikan pernyataan di sidang fit and proper test Tito Karnavian di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2016).

Menurut Basarah partainya berupaya menghindari adanya kepentingan tertentu dalam setiap keputusan yang dianggap penting seperti pemilihan calon Kapolri. Karena itu, ia menjamin akan mendukung penuh keputusan yang telah dibuat Jokowi.

"Jangankan ditolak, voting pun kami tidak mau. Keputusan negara di atas segala-galanya. Sikap PDIP bersifat final and binding," ucap Basarah. 

Sejak ditetapkan sebagai calon tunggal Kapolri oleh Jokowi, PDI Perjuangan berharap, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dapat menjadikan institusi kepolisian menjadi lebih profesional.

"Kami ingin polisi yang profesional, mandiri dan civilised. Maka figur calon Kapolri menjadi perhatian kami," ucap Basarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya