Polri Bersiap Sambut Tito Karnavian sebagai Kapolri

Hari ini polri melakukan gladi bersih upacara penyambutan Komjen Tito Karnavian sebagai kapolri.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 12 Jul 2016, 09:34 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2016, 09:34 WIB
Polri gladi bersih upacara penyambutan Komjen Tito Karnavian jadi kapolri
Polri gladi bersih upacara penyambutan Komjen Tito Karnavian jadi kapolri

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Tito Karnavian akan dilantik sebagai Kapolri pada Rabu, 13 Juli 2016. Ia akan menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang telah memasuki masa pensiun.

Sejumlah persiapan untuk menyambut Tito sebagai Kapolri mulai dilakukan. Salah satunya dengan menggelar gladi bersih rangkaian serah terima jabatan (sertijab) Kapolri di Kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, pada Selasa (12/7/2016).

Pantauan di lokasi, upacara gladi bersih ini dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Sejumlah personel Polri pun turut ikut dalam gladi bersih ini. Rencananya gladi bersih ini sebagai salah satu bagian dari upacara penyambutan Tito sebagai Kapolri.

Gladi bersih ini dipantau langsung oleh ketua panitia acara, yakni Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto. Selain itu, sejumlah pejabat Polri yang turut hadir dalam acara ini, di antaranya Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen M. Iriawan, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, Asisten SDM Kapolri Irjen Jodie Rooseto, Ketua STIK-PTIK Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Sementara, pengamanan di kompleks PTIK mulai diperketat. Di dalam kompleks PTIK sudah bertengger dua unit kendaraan panser.

Kemarin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Jokowi akan melantik Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri pada Rabu, 13 Juli 2016.

"Pelantikan Kapolri nanti direncakan akan diselenggarakan Rabu, 13 Juli siang hari sekitar 13.30 WIB," kata Pratikno, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 Juli 2016.

Pratikno menuturkan Jokowi hanya akan melantik Tito pada hari itu.

Tito merupakan calon tunggal yang dipilih Jokowi untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Ia pun sudah melalui proses uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Tito pernah menjabat sebagai Kapolda Papua, Kapolda Metro Jaya, dan Kepala BNPT. Saat ini, ia berusia 51 tahun dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1987.‎

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya