Mau Kuliah Tanpa Ganggu Kerjaan Harian? Yuk, Susun Rencanamu!

Agar kegiatan kuliah sambil kerja berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

oleh Gilar Ramdhani pada 22 Nov 2018, 16:38 WIB
Diperbarui 24 Nov 2018, 11:14 WIB
Mau Kuliah Tanpa Ganggu Kerjaan Harian? Yuk, Susun Rencanamu!
Agar kegiatan kuliah sambil kerja berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

 

Liputan6.com, Jakarta Ketatnya pesaingan dalam dunia kerja dan juga untuk tujuan berkarir yang lebih baik, seseorang dituntut memiliki kemampuan dan level pendidikan yang cukup. Sudah bukan rahasia lagi bila ingin meningkat ke jenjang karir yang lebih tinggi, kedua hal tersebut menjadi pertimbangan perusahaan.

Pada saat inilah, mereka yang sudah bekerja baik berstatus karyawan perusahaan swasta atau negeri baru sadar akan pentingnya meningkatkan kemampuan maupun meneruskan pendidikan ke jenjang universitas.

Mengingat kebutuhan jenjang karier yang terus meningkat dalam dunia profesional berbanding lurus dengan besaran pendapatan, tak ada cara lain selain Anda harus kuliah, apalagi jika Anda saat ini belum memiliki ijazah diploma atau sarjana.

Anda tak perlu khawatir, bagi yang sudah jadi karyawan dan ingin kuliah, perkuliahan kelas karyawan adalah jawabannya. Perkuliahan kelas karyawan memiliki perlakuan khusus terutama masalah kurikulum, waktu belajar, dan lama studi. Sehingga Anda tak perlu takut akan mengganggu pekerjaan sehari-hari.

Agar kegiatan kuliah sambil kerja berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

1. Biaya Kuliah

Kuliah gratis? Bisa, tetapi Anda harus mencari beasiswa terlebih dahulu dan itu membutuhkan waktu dan persiapan matang. Jika tidak melalui beasiswa, maka Anda harus mengalokasikan dana khusus untuk pembiayaan kuliah. Hitung beban kuliah hingga lulus supaya Anda tahu kisaran dana yang dibutuhkan. Jangan sampai masalah biaya membuat kuliah terbengkalai.

2. Pilih Jurusan yang Liner dengan Profesi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mau Kuliah Tanpa Ganggu Kerjaan Harian? Yuk, Susun Rencanamu!
Pilih Jurusan yang Liner dengan Profesi.

Ketahui minat dan kebutuhan Anda. Sebisa mungkin, pilih jurusan yang linear dengan profesi. Ini akan sangat baik karena bisa menjadi dukungan dalam pengembangan karir.

3. Beritahu Perusahaan

Pastikan perusahaan atau tempat Anda bekerja mengertahui bahwa sedang mengambil kuliah, khususnya perkuliahan kelas karyawan. Komunikasi langsung kepada atasan dan HRD tempat Anda bekerja. Kebanyakan, perusahaan akan mendukung, bukan tidak mungkin tempat Anda bekerja memberikan dukungan dalam pembiayaannya. Tapi jangan heran juga kalau ada kompensasi yang dikehendaki pihak perusahaan, hal ini wajar sebagai bentuk kerjasama yang menguntungkan antara karyawan dan perusahaan.

4. Pilih Universitas yang Tepat

Besarnya kebutuhan karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan level pendidikan, membuat banyak universitas yang menawarkan perkuliahan kelas karyawan dengan fleksibilitas yang baik. Anda bisa meminta saran dari senior yang pernah kuliah sambil kerja ataupun kenalan-kenalan yang punya rekomendasi kampus.

5. Kenali Pintaria.com

Bingung memilih kampus mana atau tak sempat untuk mencari-cari informasi. Cobalah untuk mengunjungi pintaria.com, sebuah online platform untuk pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi edukasi yang fokus pada online learning, HarukaEDU.

Di Pintaria, setiap orang yang ingin meningkatkan pendidikan dan keahliannya dapat mempelajari berbagai macam profesi yang sedang dibutuhkan oleh industri, lengkap dengan deskripsi pekerjaan dan standar gaji, pendidikan dan keahlian yang diperlukan, lowongan pekerjaan yang tersedia, dan berbagai program kuliah serta pelatihan (training).

Salah satu program penting yang tersedia di Pintaria adalah program kuliah blended learning. Berbeda dengan kuliah online, pada kuliah blended learning, proses pembelajaran dilakukan dengan metode campuran online dan offline (tatap muka).

Mau Kuliah Tanpa Ganggu Kerjaan Harian? Yuk, Susun Rencanamu!
Kenali Pintaria.com

Blended learning adalah metode belajar yang menggabungkan antara kuliah online dan kuliah tatap muka. Metode belajar ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang saat ini ingin kuliah sambil bekerja. Dengan adanya metode ini, setidaknya Anda mendapatkan empat kemudahan kuliah sambil kerja, di antaranya; menghemat Waktu, hemat biaya, perkuliahan menjadi lebih efektif dan efisien, serta belajar kapan saja dan dimana saja. Klik: Ragam keuntungan kuliah di pintaria.com

Pintaria menawarkan berbagai macam program kuliah blended learning yang diselenggarakan oleh 10 perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta dan Bandung dengan akreditasi program studi A dan B. Banyak dari perguruan tinggi swasta tersebut memberikan kemudahan pembayaran biaya kuliah dengan cara dicicil mulai dari Rp 700 ribuan per bulan.

Adapun perguruan tinggi swasta mitra Pintaria yang menyelenggarakan program kuliah blended learning adalah Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), PPM Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI), Sekolah Tinggi Manajemen (STM) Labora, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Universitas MH Thamrin (UMHT), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), dan Universitas Sahid (USAHID).

Kalau kamu ingin mencoba metode belajar ini, Yuk cari tahu kampus dan jurusan apa saja yang tersedia di Pintaria guys.

6. Disiplin

Untuk bisa sukses dengan beban ganda di dunia kerja dan perkuliahan, tentu saja hal penting yang harus Anda miliki adalah disiplin dan sadar betul bahwa dengan adanya beban yang diambil maka proses yang dijalani juga akan lebih berat. Jalani dengan ikhlas dan penuh semangat supaya Anda menjadi pribadi yang lebih sukses.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya