Ramai Wisatawan, Jalur Anyer-Carita Diberlakukan One Way

Sistem one way dan pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan secara situasional di beberapa titik tertentu.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 08 Jun 2019, 19:45 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2019, 19:45 WIB
Pengalihan Arus Lalu Lintas Anyer
Pengalihan arus lalu lintas Anyer saat libur Lebaran 2019. (Yandhi Deslatama)

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas di jalur wisata Anyer hingga Carita, Banten dipadati kendaraan wisatawan di hari keempat Lebaran Idul Fitri.

Kepolisian pun memberlakukan sistem one way atau satu arah dan pengalihan arus di beberapa titik untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Diperkirakan kepadatan arus lalu lintas di kawasan wisata Anyerakan terjadi hingga Minggu 9 Juni 2019. Sebab, diprediksi puncak wisata libur Lebaran di kawasan tersebut akan terjadi Minggu besok.

"Puncak wisatanya diprediksi besok, karena Senin sudah mulai masuk kerja," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo saat ditemui di Titik Nol Kilometer Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (8/6/2019).

Sistem one way dan pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan secara situasional di beberapa titik tertentu. Kebijakan itu melihat kepadatan kendaraan yang masuk maupun keluar Anyer.

Saat pagi hingga siang, jika kendaraan menuju Anyer hingga Carita padat maka akan diberlakukan sistem one way.

Sedangkan jika kepadatan kendaraan wisatawan banyak yang keluar dari Anyer pada siang hingga sore hari, maka arus lalu lintas akan dipecah ke beberapa jalur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pengalihan Arus Lalu Lintas

Jalur Anyer Macet Total
Jalur Anyer Macet Total. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Kendaraan wisatawan dari Carita menuju Jakarta akan dialihkan melalui Simpang Teneng tembus hingga perempatan Palima Kota Serang, kemudian masuk Gerbang Tol (GT) Serang Timur.

Kemudian kendaraan dari Anyer akan diberlakukan one way menuju Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, kemudian masuk di GT Cilegon Timur.

"Dengan harapan antrean kendaraan yang ada bisa cepat terurai, dan tidak mengganggu arus lalin yang lainnya," terangnya.

Berdasarkan pantauan di jalur wisata Anyer, sejak Sabtu petang petugas dari Dirlantas Polda Banten masih memberlakukan sistem one way bagi wisatawan yang akan keluar dari Anyer.

"Jadi kegiatan one way akan kita lihat situasi dan kondisinya untuk mengantisipasi adanya perlambatan arus lalu lintas," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya