ABK Diamond Princess Positif Corona Diisolasi di RS Persahabatan

Dua pasien positif corona yang baru saja diumumkan dalam keadaan stabil. Keduanya tidak demam, tidak pilek, dan tidak batuk.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Mar 2020, 17:07 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2020, 17:07 WIB
Penumpang Negatif Virus Corona Tinggalkan Diamond Princess
Kru berdiri di geladak kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang, Jumat (21/2/2020). Sebanyak 634 dari 3.711 orang kapal pesiar Diamond Princess kini terjangkit virus corona (COVID-19). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, terdapat dua orang yang kembali dinyatakan positif virus corona (COVID-19). Salah satu di antaranya yang dinamakan pasien kasus 6 adalah anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

Pasien tersebut positif corona usai dievakuasi dari Jepang, tempat kapal itu bersandar.

"Kemudian yang ke-2, confirm Covid-19 yang kita sebut, sebagai kasus 06, laki-laki 36 tahun ini adalah imported case yang didapatkan dari Jepang, pada saat bekerja di kapal Diamond Princess," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Minggu (8/3/2020).

Ada 69 WNI ABK Diamond Princess yang dievakuasi dari Jepang dan kemudian menjalani masa observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Saat menjalani masa observasi, ada satu orang yang dicurigai suspect dan diambil sampelnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona ini mengatakan, pasien kasus 6 saat ini tengah diisolasi di RS Persahabatan Jakarta. Sementara pasien kasus 5 diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

"(Kasus 5) RSPI Sulianti Saroso. Di RSPI sama (kasus 6) di RS Persahabatan," ujarnya.

Menurut dia, dua pasien positif corona tersebut dalam keadaan stabil. Keduanya tidak demam, tidak pilek, dan tidak batuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


4 Pasien Positif Corona Membaik

Istana Beberkan Perkembangan Baru Kasus Corona
Juru Bicara Indonesia untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan terkait corona di Kantor Presiden, Komplek Istana, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Achmad Yurianto mengungkapkan pengembangan terus dilakukan dalam pemeriksaan ke-25 orang tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kondisi kesehatan empat warga yang positif virus Corona semakin membaik. Hal ini disampaikan Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto.

"4 positif kondisinya makin baik, pasien 1 dan 2 sudah tidak panas, tinggal tunggu hasil laboratorium," kata Achmad Yurianto dalam jumpa pers di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Dia mengatakan, kalau hasil laboratorium menunjukkan negatif hingga 2 kali pemeriksaan secara berturut turut, maka akan dipulangkan.

Sedangkan pasien 3 dan pasien 4 positif virus Corona juga sudah tidak lagi demam. Kedua pasien, kata Yurianto masih batuk-batuk dan pileknya sudah berkurang.

"Sudah tidak kelihatan letih lemah lesu. Mudah mudahan dengan perawatan bagus, sembuh dan bisa kita pulangkan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya