Meme Jangan Mudik Ini Bikin Pikir-Pikir Mau Pulang Kampung

melalui pesan-pesan kreatif, netizen membuat meme yang berisi ajakan agar masyarakat mengurungkan niat untuk pulang kampung.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Apr 2020, 11:55 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2020, 09:45 WIB
poster imbauan jangan mudik
foto: @polresta_dps

Liputan6.com, Jakarta Mudik bisa menjadi ancaman penyebaran virus corona covid-19 lebih masif lagi. Presiden Jokowi bahkan sampai meminta kepada seluruh warga untuk menunda mudik saat lebaran atau perayaan Idul Fitri 2020.

Imbauan untuk mudik ini pun diteruskan oleh netizen di dunia maya, melalui pesan-pesan kreatif, netizen membuat meme yang berisi ajakan agar masyarakat mengurungkan niat untuk pulang kampung.

Netizen pun seakan beradu kreasi membuat meme plesetan berisi pesan agar jangan mudik dan jangan piknik.

Akun twitter @dewahoya, misalnya. Sabtu (18/4/2020), dia mencuit beberapa poster plesetan hasil olah digital beberapa film terkenal. Poster superhero Aquaman diplesetkan jadi “Aku aman di rumah saja”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Meme Joker cegah virus corona.
Meme Joker cegah virus corona.

Begitu juga poster film animasi kondang Monster Inc yang diplesetkan jadi Masker In. Film Mulan yang segera muncul versi live action-nya, Mulan, berganti jadi “Bulan depan saja mudiknya, kalau sudah aman dari corona”.

“Gokil nih warga +62 pada kreatif banget! Jujur, himbauan kayak begini bagus banget buat ngasih tau ke orang-orang buat sadar dan peduli dengan kondisi saat ini. BTW, Apa lagi nih yang bisa diplesetin desainnya? Ada ide?” kata Dewa, panggilan akrab Dewa Hoya.

Tak ayal, twit yang beberapa jam saja langsung di-retweet dan disukai puluhan ribu “tweeps” itupun disambar netizen lainnya.

Mereka memberikan versi lain yang tak kalah kocak. Akun twitter @sekadarberujar memplesetkan film Jumanji menjadi “Lu janji next month aja mudiknya, kalau sudah aman dari corona”.

Meme indomie cegah corona
Meme indomie cegah corona

Begitu juga akun twitter @usaisudahhh yang memplesetkan kemasan produk Tolak Angin menjadi Tolak Mudik. Dengan tulisan di bawah merek tersebut berbunyi “orang pintar pilih sabar ga mudik”. “Demi keluarga, sabar tahan dulu mafren,” katanya.

Versi lain tak kalah kocak. Ada Indomie yang diplesetkan jadi I Don’t Mudik. Kemudian produk obat pencegah mabuk perjalanan Antimo yang jadi Antimudik, minuman soda Fanta menjadi Fantang Pulkam, ayam goreng waralaba KFC berubah jadi KLC dengan kepanjangan Kita Lawan Corona, kemudian Dilan yang sedang bersanding dengan Milea berubah menjadi Ojo Dolan yang bermakna Jangan Bepergian.

Dewa Hoya saat dikonfirmasi tak menyangka bahwa meme dan poster digital tersebut bisa terus ditambahkan oleh banyak followernya dengan lebih banyak versi.

Karakter Aquaman dibuat meme ajakan untuk tetap di rumah.
Karakter Aquaman dibuat meme ajakan untuk tetap di rumah.

Bahkan, konten yang berisi ajakan untuk tidak mudik terus bermunculan hingga Sabtu (18/4) tengah malam. “Netizen 62 adalah netizen yang sangat kreatif. Kami membuat pesan-pesan penting dalam kemasan sederhana dan receh,” katanya.

“Saya kira ini kegelisahan bersama untuk bareng-bareng meminta semua orang menahan diri. Jangan mudik. Kita berpotensi menularkan virus kepada orang-orang di kampung halaman kita. Tunggu sampai corona pergi. Kampung halaman tak akan kemana-mana kok,” katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya