Jakarta PSBB Lagi, PKPI Harap Anies Baswedan Tak Ulangi Kesalahan

Edi juga menilai lemahnya koordinasi dan komunikasi antar pemerintah daerah di Jabodetabek juga penyebab gagalnya penanganan pandemi Covid-19.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 12 Sep 2020, 08:04 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2020, 08:04 WIB
Anies Baswedan Teken Kepgub Perpanjangan PSBB Transisi Otomatis hingga 24 September
Kendaraan petugas PMI menyemprotkan disinfektan di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (1/9/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Kepgub Nomor 879 Tahun 2020 yang berisi aturan perpanjangan PSBB Transisi secara otomatis dengan syarat tertentu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Bidang Kesehatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Edi Prasetyo meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih serius memberlakukan PSBB kembali dan tidak mengulangi kesalahan PSBB yang lalu.

"Jakarta terpaksa kembali menerapkan PSBB karena kegagalan Pemprov sendiri menerapkan aturan PSBB secara konsisten. Salah satunya terlihat dari diizinkannya kerumunan untuk kegiatan demo, orasi dan deklarasi, serta dihapusnya ganjil-genap, yang membuat klaster angkutan umum. Yang salah ya pemprov sendiri," ujarnya, Sabtu (12/8/2020).

Edi menegaskan bahwa PSBB kali ini harus dilaksanakan sampai tuntas, tidak setengah-setengah. "Jangan plin-plan, jangan sebelum terasa manfaatnya sudah direlaksasi, nanti diberlakukan lagi tiba-tiba. Rakyat bingung, tenaga kesehatan juga bingung dan justru membahayakan," ucapnya.

Selain itu, Edi juga menilai lemahnya koordinasi dan komunikasi antar pemerintah daerah di Jabodetabek juga penyebab gagalnya penanganan pandemi Covid-19.

"Jakarta itu secara fungsional tidak bisa dipisahkan dari Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Oleh karena itu Pemprov DKI harusnya lebih proaktif konsultasi ke mereka, seperti di zaman Gubernur sebelumnya. Seharusnya rencana Pemprov DKI yang berdampak kepada wilayah penyangga dikoordinasikan terlebih dahulu," sambung Edi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jangan Sampai Anggaran Terbuang

PKPI juga menyoroti besarnya anggaran pemerintah yang diperlukan untuk penanganan pandemi. Dengan anggaran yang besar ia meminta Pemprov serius dalam membantu warga.

"Jangan sampai uang tersebut kembali terbuang percuma. Belum lagi beban ekonomi rakyat," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya