Sembuh dari Covid-19, Bupati Bogor Ade Yasin Masih Isolasi Mandiri

Sejak dinyatakan positif Covid-19, kondisi kesehatan Bupati Bogor Ade Yasin berangsur membaik sehingga dari hasil pemeriksaan tes usap dinyatakan negatif.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 28 Nov 2020, 15:42 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2020, 15:41 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin menemui massa buruh yang menggelar demo menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja
Bupati Bogor Ade Yasin menemui massa buruh yang menggelar demo menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri. Namun demikian, Ade Yasin masih menjalani perawatan mandiri di rumah setelah dinyatakan negatif Covid-19.

Ketua Tim Medis Bupati Bogor dr Wahyu Eko Widiarso mengatakan, berdasarkan pemeriksaan melalui swab test oleh tim dokter dari RSUD Cibinong beberapa hari lalu, Bupati Bogor Ade Yasin dinyatakan sudah negatif dari Covid-19.

"Sesuai protokol kesehatan Ibu Bupati harus menjalani perawatan isolasi mandiri di rumah selama 10+3 hari di bawah pengawasan langsung tim medis RSUD Cibinong," kata Wahyu, Sabtu (28/11/2020).

Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan kondisi pasien setelah dinyatakan sembuh tidak muncul lagi gejala Covid-19.

Sejak dinyatakan positif, lanjut Wahyu, kondisi kesehatan Bupati Bogor Ade Yasin berangsur membaik sehingga dari hasil pemeriksaan tes usap dinyatakan negatif. "Kondisinya sampai sekarang pun stabil," ujar Wahyu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Ade Yasin Positif Covid-19 pada Rabu 17 November 2020

Bupati Bogor Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin saat inspeksi stasiun saat PSBB. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada Rabu 17 November 2020. Ade Yasin menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ade mengaku sudah menjalani prosedur pemeriksaan medis dengan menggunakan kombinasi teknologi rontgen atau sinar-X dan sistem komputer khusus untuk melihat kondisi paru-paru.

"Barusan baru diobservasi di RSUD, di rontgen dan CT scan. Alhamdulillah kondisi paru-paru baik, tensi dan saturasi baik," ujar Ade.

Karena dinyatakan orang tanpa gejala (OTG), politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini disarankan oleh dokter untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kata dokter lebih aman isolasi mandiri kalau kondisinya seperti ini. Nanti 2 hari lagi dicek kembali," terang Ade.

Ade mengungkapkan, empat hari lalu ia sempat dinyatakan negatif setelah menjalani tes usap melalui metode PCR.

"Tapi saya merasakan kalau sore rasanya demam, cuma gak panas," ujar Ade.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya, ia akhirnya kembali menjalani test swab pada Selasa (17/11/2020) kemarin dan hasilnya positif Covid-19.

Sebelum dites usap, Ade mengaku sempat bertemu dengan sejumlah relasi dari berbagai kalangan. Namun ia belum mengetahui dari siapa dia tertular.

"Karena itu saya minta Dinkes untuk mentracing kegiatan saya selama 3 hari ke belakang. Karena 4 hari lalu masih negatif," ujarnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya