4 Hal Terkait Dimulainya Pelaksanaan Tes UTBK Gelombang I

Dijelaskan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tes Gelombang I UTBK ini akan dilaksanakan hingga Minggu, 18 April 2021 mendatang.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 12 Apr 2021, 12:35 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2021, 12:35 WIB
FOTO: Ujian Tulis Berbasis Komputer di Tengah Pandemi COVID-19
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Senin (12/4/2021), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 Gelombang I mulai dilaksanakan.

Dijelaskan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tes Gelombang I UTBK ini akan dilaksanakan hingga Minggu, 18 April 2021 mendatang.

Sejumlah aturan pun telah disiapkan LTMPT selaku pihak penyelenggara. Salah satunya, LTMPT menegaskan, peserta UTBK 2021 tak diizinkan untuk mengikuti tes di luar tanggal yang telah tertera di kartu peserta masing-masing.

"Tidak bisa, peserta hanya dapat mengikuti tes pada hari dan tanggal yang sudah tertera pada kartu peserta UTBK-SBMPTN," jelas LTMPT, Senin (12/4/2021).

Selain itu, menurut LTMPT, ada beberapa lokasi tes UTBK yang mewajibkan untuk melakukan tes Covid-19 agar bisa mengikuti ujian.

"Tidak semua daerah mensyaratkan, tergantung keputusan Satgas Daerah," kata Humas LTMPT Ismaini Zain.

Berikut 4 hal terkait tes UTBK 2021 Gelombang I yang dimulai hari ini dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Peserta Wajib Ikut Tes Sesuai Waktunya

FOTO: Ujian Tulis Berbasis Komputer di Tengah Pandemi COVID-19
Petugas membagikan kertas kepada peserta saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 Gelombang I dimulai hari ini, Senin (12/4/2021). Mengacu pada jadwal, tes Gelombang I akan dilaksanakan hingga 18 April 2021.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan agar peserta memperhatikan beberapa hal. Salah satunya, LTMPT menegaskan bahwa peserta UTBK 2021 tak diizinkan untuk mengikuti tes di luar tanggal yang telah tertera di kartu peserta masing-masing.

"Tidak bisa, peserta hanya dapat mengikuti tes pada hari dan tanggal yang sudah tertera pada kartu peserta UTBK-SBMPTN," jelas LTMPT, Senin (12/4/2021).

 


Ketentuan Berpakaian dan Materi Ujian

UTBK SBMPTN Unimed
Rektor Unimed, Syamsul Gultom mengatakan, dalam UTBK kali ini para peserta yang mendaftar di berjumlah ‎13.955 ‎orang.

LTMPT juga mengurai ketentuan berpakaian bagi peserta yang akan mengikuti tes. Peserta wajib menggunakan pakaian rapi dan sopan (tidak kaos oblong). Serta harus menggunakan sepatu (tidak boleh memakai sandal).

Untuk soal yang diujikan, LTMPT menerangkan bahwa Materi UTBK 2021 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TKA).

Bagi peserta yang memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Sementara bagi peserta yang memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum

"Bagi peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum," terang LTMPT.

 


Pastikan Tetap Patuhi Prokes

FOTO: Ujian Tulis Berbasis Komputer di Tengah Pandemi COVID-19
Suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 dibagi dua gelombang, pertama 5-14 Juli 2020 dan kedua 20-29 Juli 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

LTMPT memastikan, apabila suhu peserta melebihi ketentuan dari protokol kesehatan (prokes), yakni lebih dari 37,5 derajat celcius, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian.

"Dan dipersilakan untuk menuju ruangan khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis," papar LTMPT.

 


Tak Semua Lokasi Wajibkan Tes Covid-19

FOTO: Ujian Tulis Berbasis Komputer di Tengah Pandemi COVID-19
Suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui SBMPTN. (merdeka.com/Arie Basuki)

LTMPT mengatakan, tak semua lokasi UTBK 2021 diwajibkan melakukan tes Covid-19 untuk bisa mengikuti ujian.

Humas LTMPT Ismaini Zain menerangkan, kebijakan tersebut bergantung pada daerah tempat berlangsungnya tes.

"Tidak semua daerah mensyaratkan, tergantung keputusan Satgas Daerah," kata Ismaini.

Untuk itu ia meminta peserta agar memastikan secara cermat di laman Pusat UTBK PTN lokasi yang akan dijadikan tempat berlangsungnya tes.

"Peserta wajib melihat persyaratan di laman Pusat UTBK PTN (web PTN) atau medsos PTN," jelas Ismaini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya