Bedah Rumah, Cara Pemkot Tangerang Ciptakan Layak Huni

Program bedah rumah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ditujukan bagi masyarakat pra sejahtera di wilayah Kota Tangerang.

oleh Fachri pada 08 Apr 2022, 22:39 WIB
Diperbarui 08 Apr 2022, 20:36 WIB
Bedah Rumah Pemkot Tangerang.
Wakil Wali Kota Tangerang Drs. H. Sachrudin.

Liputan6.com, Tangerang Masyarakat Kota Tangerang akan mendapatkan rumah layak huni. Pemkot Tangerang menggencarkan program bedah rumah untuk menjadikan Tangerang sebagai kota layak huni atau liveable.

Dalam Liveable, salah satu program di dalamnya adalah bedah rumah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi masyarakat pra sejahtera di wilayah Kota Tangerang.

Wakil Wali Kota Tangerang Drs. H. Sachrudin mengatakan, sejak tahun 2019 - 2021, Pemerintah Kota Tangerang telah membedah tak kurang dari 784 Rutilahu di seluruh wilayah Kota Tangerang.

"Untuk tahun 2022 targetnya sebanyak 450 unit rumah yang akan dibedah," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Syarat Rumah yang Bisa Dibedah

Di lain pihak, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Sugiharto Achmad Bagja mengatakan, tujuan dari bedah rumah ini adalah untuk menciptakan rumah yang layak huni bagi masyarakat Kota Tangerang.

"Jadi, secara kronologis data yang kami dapatkan itu bottom-up. Dari RT/RW melaporkan ke Kelurahan, lalu Kecamatan, baru disampaikan kepada kami. Setelah itu nanti ada proses verifikasi kelayakan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, verifikasi nanti akan dilakukan oleh surveyor yang merupakan arsitektur, dan ahli teknik sipil. Secara umum, syarat rumah untuk dibedah adalah antara lain tidak adanya ventilasi, jendela, dinding yang masih bilik, dan sebagainya.

"Untuk saat ini, sudah terverifikasi 209 rumah yang tersebar dari 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan yang ada di Kota Tangerang. Itu semua variatif tergantung dari basic data yang ada dari aplikasi SiData," lanjutnya.


Tahun 2021 Sudah Bedah 350 Rumah

Dengan adanya bedah rumah ini, diharapkan masyarakat Kota Tangerang dapat hidup sehat dengan rumah yang layak huni dan aman.

"Saya harap masyarakat Kota Tangerang dapat hidup lebih sehat, dengan kondisi rumah yang lebih layak, yang rumahnya tadi belum ada jendela, sirkulasi udara dan lantai yang belum dikasih keramik, sekarang sudah jadi lebih baik dan layak huni," harapnya.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang sudah membedah 350 unit rumah pada tahun 2021 di 44 Kelurahan.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya