Jadi Lokasi Kirab Kaesang-Erina Besok 11 Desember, Loji Gandrung Mulai Dihias

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina akan melakukan kirab dari Loji Gandrung menuju tempat tasyakuran di Pura Mangkunegaraan Solo, Minggu 11 Desember 2022.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Des 2022, 20:15 WIB
Diterbitkan 10 Des 2022, 19:17 WIB
Lokasi Kirab Kaesang-Erina Besok
Berdasarkan pantauan Liputan6.com, panitia pernikahan Kaesang-Erina mulai mendekor rumah dinas Gibran Rakabumimg Raka, Sabtu (10/12/2022). (Foto:Liputan6/Lizsa Egaham)

Liputan6.com, Jakarta Rumah dinas Wali Kota Surakarta mulai dihias dan dipersiapkan untuk acara kirab putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan istrinya, Erina Gudono, Minggu, 12 Desember 2022. Kirab ini merupakan salah satu rangkaian acara ngunduh mantu Presiden Jokowi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, panitia pernikahan Kaesang-Erina mulai mendekor rumah dinas Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (10/12/2022). Sejumlah bunga dan dekorasi pernikahan tampak menghiasi Loji Gandrung.

Karpet merah pun telah digelar mulai dari gerbang Loji Gandrung hingga ke depan rumah dinas. Bangku, alat musik tradisional, hingga buah pisang pun telah ditata rapi di lobi Loji Gandrung.

Selain itu, pasukan pengamanan presiden (Paspampres) dan pasukan TNI sudah mulai berjaga di Loji Gandrung. Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi pun telah meninjau keamanan Loji Gandrung untuk acara kirab Minggu besok.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina akan melakukan kirab dari Loji Gandrung menuju tempat tasyakuran di Pura Mangkunegaraan Solo, Minggu 11 Desember 2022. Keduanya akan melakukan kirab dengan menggunakan kereta kencana.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau maskawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000. 


Mahar Kaesang untuk Erina Gudono

Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono memamerkan mahar seusai akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Mas kawin yang diberikan Kaesang kepada Erina yaitu seperangkat alat sholat, logam mulia 10, 12, 20 dam 22 gram, serta uang tunai senilai Rp300 ribu. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa logam mulia sebanyak empat buah. Masing- masing emas memiliki berat yang berbeda yakni, 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram.

Hal ini sesuai dengan tanggal akad nikah keduanya yang digelar pada Sabtu, (10/12/2022). Adapun mahar tersebut dihias dan ditata dalam sebuah bingkai berwarna emas dengan ukuran besar.

Setelah akad, Kaesang dan Erina akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah pada, Minggu 11 Desember 2022. Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina.


Pesan Jokowi ke Kaesang-Erina

Jokowi menuturkan bahwa ia merasa lega dan bahagia proses akad nikah putra bungsunya, Kaesang Pangerep berjalan lancar. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Joko Widodo)
Jokowi menuturkan bahwa ia merasa lega dan bahagia proses akad nikah putra bungsunya, Kaesang Pangerep berjalan lancar. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Joko Widodo)

Presiden Jokowi bersyukur acara akad nikah serta ijab kabul putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), berjalan dengan baik dan lancar. Jokowi pun mendoakan agar keduanya dapat harmonis sampai tua.

"Kami mendoakan agar Mas Kaesang dan Mbak Erina bisa segera menempuh hidup baru. Saya pesan, saling pengertian, saling melengkapi kemudian rukun, harmonis sepanjang masa sampai kakek-kakek, nenek-nenek," jelas Jokowi kepada wartawan usai akad nikah di Yogyakarta, Sabtu.

Dia mengaku bahagia dan lega melihat putra bungsunya sudah menikah. Jokowi sendiri tidak memberikan hadiah khusus di hari pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

"Hadiah cinta," ucapnya. 

Usai acara akad nikah, Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan kembali ke Solo Jawa Tengah, untuk acara tasyakuran Kaesang-Erina. Acara tasyakuran akan digelar di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

"Ini langsung (ke Solo) karena harus mempersiapkan diri," ujar Jokowi.

Infografis Vaksin Covid-19 Berdampak pada Kesuburan Pria dan Perempuan?
Infografis Vaksin Covid-19 Berdampak pada Kesuburan Pria dan Perempuan? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya