AHY Ungkap Alasan Tolak Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kembali menegaskan partainya menolak wacana sistem proporsional tertutup atau coblos partai.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Jan 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 15:20 WIB
Ketum Partai Demokrat Tanggapi Sejumlah Isu Politik Terbaru
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti sejumlah isu politik terbaru dalam jumpa pers awal tahun di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (12/1/2023). AHY berharap tahapan pemilu bisa berjalan dengan lancar hingga 2024. Dia juga meminta agar KPU dan Bawaslu bisa menjalankan amanah sebagai penyelenggara pemilu dengan independen dan netral. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kembali menegaskan partainya menolak wacana sistem proporsional tertutup atau coblos partai. Menurutnya, sistem tersebut seperti memaksa rakyat membeli kucing dalam karung.

"Maka artinya, warga negara memiliki yang hak tidak bisa memilih wakil-wakil rakyatnya secara langsung seolah-olah dipaksa untuk membeli kucing dalam karung," kata AHY saat di temui di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

"Bukankah ini yang sudah kita terus perjuangkan di masa reformasi agar masyarakat benar-benar bisa menggunakan haknya untuk memilih orang dan wakil rakyat yang dianggap terbaik bisa membawa aspirasi diri dan kelompoknya," sambungnya.

AHY pun menjelaskan bahwa secara internal, setiap partai politik termasuk Partai Demokrat tentunya harus bisa menjaga moral dan semangat dari kader-kader yang tengah berjuang untuk mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif.

"Jangan sampai mereka yang berjibaku, telah berkeringat, telah berupaya untuk bisa membangun kekuatan konstituen mendekati rakyat dan juga memenangkan suara, hati, dan pikirannya kemudian melemah semangatnya, karena terjadi perubahan sistem pemilu secara tiba-tiba," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berharap Rakyat Bisa Gunakan Haknya

Ketum Partai Demokrat Tanggapi Sejumlah Isu Politik Terbaru
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pandangan awal tahun dan isu terkini di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (12/1/2023). Salah satu isu yang dibahas yakni berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

AHY ingin seluruh kader partai Demokrat juga memiliki ruang dan peluang yang adil, karena dia berharap semua bisa menggunakan haknya dengan baik untuk memilih untuk dipilih.

"Oleh karena itu, atas dua alasan tadi maka Partai Demokrat berharap sistem proporsional terbuka sesuai dengan undang-undang berlaku saat ini masih tetap dapat dipertahankan untuk Pemilu 2024 nanti," imbuhnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Adu Kuat Sistem Proporsional Tertutup dengan Terbuka di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Adu Kuat Sistem Proporsional Tertutup dengan Terbuka di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya