Pemain Timnas Tumpahkan Kekecewaan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, DPR: Itu Wajar, Mereka Kecewa

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi kemunduran pembinaan sepak bola.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 30 Mar 2023, 11:51 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 10:53 WIB
Latihan Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-20
Latihan Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-20. Pemain Timnas ramai-ramai menumpahkan kekecewaan setelah FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 menjadi kemunduran pembinaan sepak bola.

"Kita semua prihatin dengan keputusan FIFA karena para pemain tim nasional Indonesia kemungkinan besar gagal mendapatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman bermain dengan pemain-pemain terbaik dunia yang lolos final Piala Dunia U-20," kata Huda.

Seharusnya momentum Piala Dunia U-20 menjadi lompatan bagi pembinaan para pemain muda. Mereka bisa belajar bagaimana menjadi pemain bola yang lebih baik dari sisi skill, attitude, hingga solidaritas di lapangan.

"Tak hanya itu para pemain muda Indonesia juga berkesempatan memberikan perlawanan terbaik kepada tim yang lebih diunggulkan di depan publik mereka sendiri," kata Huda.

Huda mengatakan, tidak heran mereka menumpahkan kekecewaannya kepada pihak yang dianggap ikut andil pencoretan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Saya kira wajar mereka kecewa karena sudah lama berlatih dan harapan untuk tampil di depan publik sendiri pupus begitu saja," ujarnya.

Publik juga kecewa dengan pembatalan ini. Sebab para penikmat sepak bola tanah air pupus harapan melihat permainan bintang muda dalam negeri dan benua lain.

Ditambah negara terlanjur mengeluarkan biaya besar sejak proses bidding.

"Belum lagi biaya besar telah dikeluarkan oleh negara mulai dari proses bidding, mendatangkan Presiden FIFA ke Indonesia, hingga memperbaiki stadion-stadion yang rencananya menjadi venue putaran final Piala Dunia U-20," pungkasnya.

Politikus PKB ini juga menyoroti penyebutan peristiwa Kanjurahan dalam pernyataan resmi FIFA terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Di situ bisa disimpulkan jika asosiasi sepak bola tertinggi dunia tersebut masih belum melihat perubahan besar-besaran dari pengelolaan sepak bola Indonesia pascatragedi yang menewaskan 135 korban jiwa tersebut.

“Ini juga harus menjadi catatan penting bagi Kemenpora dan PSSI agar serius melakukan perbaikan pengelolaan sepak bola di Tanah Air,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


FIFA Coret Indonesia

Sebelumnya, FIFA memutuskan membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Dalam situs resminya, induk organisasi sepak bola ini menyebut penolakan atas keikutsertaan timnas Israel di turnamen ini menjadi salah satu penyebab Indonesia dicoret sebagai tuan rumah.

"Berdasarkan hasil pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA memutuskan untuk mencabut Indonesia dari status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," bunyi pernyataan resmi tersebut.

Tidak hanya itu, FIFA juga mengonfirmasi bahwa Indonesia akan dikenakan sanksi akibat pencoretan ini.

"FIFA akan segera mengumumkan tuan rumah baru Piala Dunia U-20 2023 secepat mungkin, di mana turnamen ini akan digelar di periode waktu yang sama," sambung pernyataan resmi FIFA.

"Terkait potensi sanksi yang akan dikenakan pada PSSI akan ditentukan di lain hari. Presiden FIFA dan Presiden PSSI akan menggelar rapat lain untuk membahas hal ini sesegera mungkin," tutup pernyataan resmi FIFA.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya