Jamin Perjalanan Mudik Lebaran 2023 Aman, BNN Tes Urine Puluhan Sopir Bus AKAP

Menurut BNN, penggunaan narkoba saat mengendarai bus dan membawa puluhan penumpang sangat berbahaya karena dapat terjadi kecelakaan di jalan.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 18 Apr 2023, 12:58 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 12:57 WIB
Tekan Angka Kecelakaan Saat Libur Nataru, Sopir Bus Jalani Tes Kesehatan
Badan Narkotika Nasional (BNN) RI melakukan pemeriksaan urine kepada puluhan sopir bus secara acak (random) pada arus mudik Lebaran 1444 Hijriah(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI melakukan pemeriksaan urine kepada puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) secara acak (random) pada arus mudik Lebaran 1444 Hijriah di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Pemeriksaan urine kepada sopir bus ini untuk mengecek apakah sopir atau pengganti sopir bus menggunakan narkoba atau tidak, sebelum berangkat dari Terminal Kampung Rambutan," kata Kepala Biro Humas dan Protokol BNN, Brigjen Pol Sulistyo Pudjo Hartono dilansir dari Antara, Selasa (18/4/2023).

Menurut dia, penggunaan narkoba saat mengendarai bus dan membawa puluhan penumpang sangat berbahaya karena dapat terjadi kecelakaan di jalan.

"Kita bekerja sama dengan Terminal Kampung Rambutan, Dishub Jakarta Timur dan Polri dalam pemeriksaan atau tes urine kepada para sopir bus," ucap Pudjo.

Menurut dia, bila dalam pemeriksaan urine itu kedapatan sopir bus menggunakan narkoba, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Sopirnya harus turun dari bus untuk pemeriksaan. Busnya juga tidak boleh berangkat sampai ada sopir pengganti yang tidak menggunakan narkoba," terang Pudjo.

Pemeriksaan urine kepada sopir bus itu, kata dia, tidak hanya dilakukan di Kampung Rambutan, melainkan di Terminal Lebak Bulus, Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres.

"Kami (BNN) juga melakukan tes urine kepada sopir bus di terminal seluruh Indonesia," kata Pudjo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BNN Tes Urine Pilot Pesawat Saat Arus Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi Pesawat Terbang
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Selain itu, tambah dia, BNN juga melakukan pemeriksaan terhadap pilot di seluruh bandara di Indonesia dan pelabuhan agar tidak terjadi kecelakaan saat arus mudik Lebaran.

Sementara itu, Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni menyambut baik pemeriksaan urine kepada sopir bus oleh BNN.

"Ini sangat bagus untuk mengantisipasi adanya sopir bus menggunakan narkoba. Penggunaan narkoba saat mengendarai bus sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan," katanya.

Dia menambahkan, sebanyak 20 sopir bus di Terminal Kampung Rambutan dilakukan pemeriksaan urine secara acak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya