Idul Adha 2023, Jokowi Salurkan Sapi Seberat 1,2 Ton ke Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan satu ekor sapi hewan kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi jantan itu berjenis simental dengan bobot 1,2 ton.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Jun 2023, 15:38 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2023, 15:38 WIB
Kisah di Balik Sapi-Sapi Kurban Jumbo Jokowi untuk Solo dan Yogya
Sapi jenis Brenggolo untuk hewan kurban Jokowi di Solo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan satu ekor sapi hewan kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi jantan itu berjenis simental dengan bobot 1,2 ton.

"Di Jakarta, Bapak Presiden akan memberikan sapi kepada Masjid Istiqlal yang jenis sapinya adalah simental, beratnya adalah 1,2 ton atau 1.200 kilogram, jenisnya jantan," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Dia menjelaskan bahwa total ada 38 ekor sapi hewan kurban yang disalurkan Jokowi pada Idul Adha tahun 2023. Sapi-sapi itu akan didistribusikan ke 38 provinsi, yang lokasinya sesuai dengan usulan para gubernur.

"Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38 (provinsi)," ujarnya.

"Nah, dimana saja Bapak Presiden memberikan per provinsi itu bahwa sesuai dengan utusan atau usulan dari pemerintah provinsi masing-masing. Jadi ada usulan dari para gubernur untuk sapi itu didistribusikan," sambung Heru.

Heru menyampaikan penyaluran hewan kurban Presiden Jokowi dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden. Selanjutnya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan sejumlah kementerian guna memastikan bahwa sapi-sapi yang disalurkan Jokowi betul-betul sehat dari penyakit.

"Sekretariat Presiden bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, Dirjen Dinas Agama untuk bisa memberikan yang terbaik sapi-sapi dari Bapak Presiden, dicek kesehatannya, harus bebas dari penyakit mulut dan kuku," kata Heru.

Adapun kriteria sapi yang disalurkan Jokowi yakni, memiliki berat mulai 900 kilogram hingga 1,2 ton. Selain itu, sapi yang disumbangkan Jokowi berjenis simental, limosin, brahman, hingga peranakan ongole.

"Jenisnya adalah jenis sapinya adalah simental, limosin angus, brahman dan tentunya peranakan ongole dari sapi Bali. Dan tadi saya sampaikan rata-rata 900 (kilogram) sampai 1,2 ton," tutur Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tradisi Rutin Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan satu ekor sapi hewan kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi jantan itu berjenis simental dengan bobot 1,2 ton.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan satu ekor sapi hewan kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi jantan itu berjenis simental dengan bobot 1,2 ton. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Sebagai informasi, penyaluran hewan kurban ini memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan Jokowi setiap menyambut Hari Raya Idul Adha. Pada Idul Adha 2022 lalu, Jokowi menyumbang 34 ekor sapi ke semua provinsi dan 1 ekor diserahkan ke Masjid Istiqlal Jakarta.

"Ya ini kan yang secara resmi Bapak Presiden memberikan ke Istiqlal seperti tahun lalu juga ada memberikan di masjid-masjid lainnya termasuk juga ke apa namanya organisasi-organisasi keagamaan," pungkas Heru.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1444 Hijriyah jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan ditetapkannya awal Zulhijah ini, maka Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1444 Hijriah ditetapkan jatuh pada Selasa tanggal 20 Juni 2023" tutur Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Minggu 18 Juni 2023.

"Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023," imbuh Wamenag.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya