Konas XVI FKPKB-PGI 2023 Sukses dan Pecahkan Rekor, Olly Dondokambey: Mari Berdamai dengan Tuhan dan Sesama

Penyelenggaraan Konas XVI FKPKB-PGI berhasil memecahkan rekor jumlah peserta dari luar daerah penyelenggara sejauh ini yaitu sebanyak 4.657 peserta.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 09 Sep 2023, 18:08 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2023, 18:08 WIB
Konas XVI FKPKB-PGI 2023 Sukses dan Pecahkan Rekor, Olly Dondokambey: Mari Berdamai dengan Sesama
Gubernur Sulawesi Utara Prof (HC) Olly Dondokambey yang juga ketua FKPKB PGI untuk periode 2023-2028.

Liputan6.com, Jakarta Konsultasi Nasional (Konas) XVI Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (FKPKB PGI) 2023 di Kabupaten Minahasa berjalan dengan lancar dan sukses. Ibadah agung yang dipimpin Sekretaris Umum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty di Stadion Maesa Tondano, Kabupaten Minahasa, Sabtu (9/9/2023) menjadi penutup rangkaian Konas XVI FKPKB PGI.

Konas XVI FKPKB PGI kembali menunjuk Gubernur Sulawesi Utara Prof (HC) Olly Dondokambey sebagai ketua untuk periode 2023-2028.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey yang dianugerahi gelar Profesor HC dari Wuhu Institute of Technology Cina dalam meningkatkan sektor pendidikan di Sulut ini mengatakan bahwa pertemuan raya dan Konas berjalan lancar karena penyertaan Tuhan.

"Atas nama pemerintah dan FKPKB PGI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Gubernur yang juga Ketua Panitia Steven O.E. Kandouw. Kami bersyukur acara berlangsung baik karena tuntunan dan campur tangan Tuhan Yesus," kata Olly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Olly optimis suksesnya penyelenggaraan Konas menjadi penyemangat bagi seluruh warga gereja dalam berkarya bagi bangsa dan negara.

"Semoga yang kita lakukan dapat memberikan semangat besar kepada kita sebagai warga gereja. Kita harus semangat dalam berjemaat dan bergereja," tandasnya.

"Kita juga harus berdamai dengan Tuhan, berdamai dengan sesama, berdamai dengan diri kita dan berdamai lingkungan kita agar semua berjalan baik," lanjutnya. Lebih jauh, Gubernur Olly juga mengapresiasi khusus para pendiri KGPM yang juga merupakan tokoh bangsa diantaranya; AA Maramis, Sam Ratulangi dan tokoh lainnya.

"Mr AA maramis salah satu pendiri KGPM. Terima kasih kepada KGPM uang telah menjadi host dalam Konas FKPKB PGI tahun ini," terangnya.


Konas XVI FKPKB-PGI Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, selaku Ketua Umum Panitia Konas ke-XVI FK PKB PGI saat menyampaikan laporan kegiatan menerangkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan diikuti ribuan peserta dari luar Sulut.

"Yang membanggakan dari seluruh Indonesia telah hadir bersama dengan kita sebanyak 4.657 orang. Kepada seluruh peserta nikmatilah juga alam, suasana dan keakraban di Bumi Nyiur Melambai," kata Kandouw. 

Penyelenggaraan Konas kali ini berhasil memecahkan rekor jumlah peserta dari luar daerah penyelenggara sejauh ini yaitu sebanyak 4.657 peserta yang berasal dari 96 sinode gereja. Sinode Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) dipercayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan acara Konas XVI FKPKB PGI.


FKPKB PGI Komitmen Wujudkan Pemilu Damai 2024

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Diketahui, dalam mendukung kemeriahan acara, serangkaian kegiatan dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 1 - 10 September 2023. Diantaranya ajang fun bike mengelilingi Tondano, lomba paduan suara, kolintang, vokal grup, cerdas cermat Alkitab hingga makan bersama di atas daun pisang yang diikuti seluruh peserta Konas. Adapun Konas XVI FKPKB PGI merupakan ajang konsolidasi umat Kristen di Indonesia untuk kepentingan gereja dan bangsa. 

Di Sulut, para pemimpin Pria Kaum Bapa (PKB) dari seluruh gereja di Indonesia yang terhimpun di Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) bersama menggumuli persoalan bangsa dan memberikan solusi sesuai firman Tuhan. 

Pertemuan tersebut menghasilkan rekomendasi bagi bangsa, salah satunya adalah untuk terwujudnya Pemilu 2024 yang damai. Hadir juga dalam Ibadah agung yang berlangsung khidmat ini jajaran Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Roy Roring, tokoh agama, FKUB Provinsi Sulut, FKUB Kabupaten Minahasa, dan ribuan peserta Pertemuan Raya dan Konas FK-PKB PGI Tahun 2023.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya