Rendi Solihin Tegaskan Pemkab Kukar Punya Komitmen Kuat Jaga Kearifan Lokal

Pemkab Kukar berkomitmen untuk terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokal tetap bertahan.

oleh Gilar Ramdhani pada 08 Nov 2023, 22:46 WIB
Diperbarui 08 Nov 2023, 22:30 WIB
Rendi Solihin Tegaskan Pemkab Kukar Punya Komitmen Kuat Jaga Kearifan Lokal
Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin saat menghadiri Genta Nusantara III di Bali, 2-5 November 2023.

Liputan6.com, Badung Festival Toleransi Indonesia bertajuk Genta Nusantara III dengan tema "Keluhuran Nusantara" berlangsung di Badung, Bali pada 2-5 November 2023. Genta Nusantara merupakan temu budaya nasional yang dihadiri berbagai perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin.

Genta Nusantara ke-3 ini berisikan empat agenda, mulai dari temu budaya, pementasan seni pertunjukan, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta dan eduwisata toleransi. 

Rendi Solihin menjelaskan Genta Nusantara bertujuan untuk untuk menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah. 

Kukar menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian besar di acara tersebut. Hal ini tak terlepas dari adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di atas wilayah Kukar.

"Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari," ucap Rendi.

Rendi menegaskan, Pemkab Kukar berkomitmen untuk terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokal tetap bertahan.

"Kebudayaan yang ada di Kukar meliputi banyak hal, mulai dari kesenian, tari tradisional hingga bahasa, ini tidak boleh luntur sampai kapan pun," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kelompok Musik Tradisional Kukar Tampil

Rendi Solihin Tegaskan Pemkab Kukar Punya Komitmen Kuat Jaga Kearifan Lokal
Festival Toleransi Indonesia bertajuk Genta Nusantara III dengan tema "Keluhuran Nusantara" berlangsung di Badung, Bali pada 2-5 November 2023.

Pada kesempatan tersebut, salah satu kelompok musik tradisional asal Kukar tampil menjadi salah satu pengisi acara di Genta Nusantara III. Didampingi Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar David Haka, Musik Topa Ethnic menyuguhkan sajian menawan.

Sementara itu, Ketua Panitia Genta Nusantara III, Nengah Rata Artana mengungkapkan, terdapat 662 seniman dari 11 provinsi di Indonesia.


Peserta Genta Nusantara Capai 662 Seniman

"Peserta Genta Nusantara mencapai 662 seniman. Mereka merupakan seniman dari berbagai provinsi, seperti Kalimantan, Yogyakarta, Jawa Barat dan provinsi lainnya," ungkapnya.

Tak hanya itu, seniman dari luar negeri juga terlibat dalam event kegiatan tersebut. Kegiatan ini diawali dengan temu budaya yang digelar di Ruang Kertha Gosana, Kamis, 2 November 2023.

“Jadi kegiatan Genta Nusantara ini berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala," katanya.

Untuk diketahui, Genta Nusantara I dan II telah sukses diadakan di Royal House Rumah Budaya Yogyakarta pada tahun 2021 dan 2022.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya