Mardiono PPP Soal Potensi Kecurangan Pemilu 2024: Kita Harus Cegah, Awasi Semua

Masyarakat berhak mengawasi agar kontestasi Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil.

oleh Muhammad Ali diperbarui 20 Nov 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2023, 15:54 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono membuka pelatihan saksi se-Indonesia di Jakarta
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono membuka pelatihan saksi se-Indonesia di Jakarta. Mardiono menyebut, kegiatan ini merupakan ikhtiar PPP untuk memenangi Pemilu 2024. (Foto: Tim Media PPP)

Liputan6.com, Jakarta - Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono merespons soal kecurangan pemilu yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia mengatakan, kecurangan akan terlihat pada saat Pemilu.

Namun, Mardiono mengatakan seluruh pihak harus menjaga dan mengawasi proses jalannya pesta demokrasi di Pemilu 2024. Terlebih, instrumen pengawasan telah dibentuk.

"Kalau dari kami kecurangan itu dibuktikan pada saat nanti pemilu. Tetapi kita mencegah harus, agar pemilu itu kita jaga karena itu. Di dalam pelaksanaan pemilu, berlapis-lapis ya kita siapkan sebuah instrumen sebagai pengawasan. Ada Bawaslu, ada Dewan Kehormatan, KPU dan sebagainya. Ini tujuannnya untuk melakukan pengawasan," kata Mardiono, saat diwawancarai di Hotel Golden Boutique, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023).

Tak hanya itu, masyarakat juga berhak untuk mengawasi pemilu agar kontestasi pemilu 2024 berjalan jujur dan adil. Sebab, di Indonesia sudah ada sistem yang mengatur agar pemilu berjalan dengan jujur dan adil.

"Tidak hanya cukup di situ, tapi rakyat juga diberi hak untuk melakukan pengawasan ke semua karena memang semua sistem di Indonesia sudah terbangun sesungguhnya," ujar dia.

"Tinggal kita mengimplementasikan itu. Indonesia sudah banyak punya aturan, Indonesia sudah banyak UU nah bagaimana sekarang kita bertekad dari semua aturan itu kita bisa menjalankan," sambung Mardiono.

Oleh karena itu, dia berharap agar segala aturan dan sistem yang telah dibentuk dapat dijalankan dengan baik.

"Jangan sampai kita memproduk aturan tetapi kita yang melanggar aturan," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PPP Gelar Tot Saksi Pemilu

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar training of trainer lembaga saksi pemilu bagi perwakilan se-Indonesia, di Oasis Amir Hotel, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2023). Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan, hal itu menjadi bentuk ikhtiar dalam memenangkan Pemilu 2024.

“Kegiatan ini sudah terjadwal, dilakukan latihan untuk keterwakilan se-Indonesia dan mendapatkan training dari DPP oleh para narasumber. Kemudian, saksi dibekali dengan pemanfaatan aplikasi digital juga yang sudah disiapkan,” tutur Muhamad Mardiono, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Kamis (9/11/2023).

 


Bagian dari Kesiapan PPP

Mardiono menambahkan, kegiatan yang digelar partainya mengusung tema 'Saksi Berintegritas, Pemilu Berkualitas'.

Dia menyebut, kegiatan ini merupakan bagian dari kesiapan PPP dalam menghadapi Pemilu 2024. Sebab, menurutnya saksi merupakan bagian penting untuk mempertahankan perolehan suara yang didapat di TPS.

“Insya Allah ini menjadi bagian dari kesiapan PPP secara nasional. Kami akan mengontrol saksi siap sampai ke tingkat DPC, PAC, ranting agar tiap TPS betul-betul ada yang bertanggung jawab mengawasi hasil suara yang diberikan umat,” harap Mardiono.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

Infografis Payung Hukum Eks Napi Koruptor Jadi Caleg Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Payung Hukum Eks Napi Koruptor Jadi Caleg Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya