126.414 Orang Kunjungi Destinasi Wisata di Banyuwangi Selama Libur Lebaran

Destinasi wisata yang tersedia di Kabupaten Banyuwangi mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

oleh Fachri pada 19 Apr 2024, 15:35 WIB
Diperbarui 19 Apr 2024, 15:34 WIB
Atraksi Budaya.
Atraksi Sendartari Meras Gandrung. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata yang tersedia di Kabupaten Banyuwangi mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Hal itu terlihat dari jumlah wisatawan yang berkunjung selama libur Lebaran mencapai 126.414 orang.

Berkaitan dengan itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani merasa bersyukur dengan jumlah wisatawan yang hadir di semua destinasi. Ia pun menyebut, periode libur Lebaran di Banyuwangi berlangsung aman dan kondusif.

“Terima kasih untuk semua wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata di Banyuwangi. Semoga bisa menjadi pengalaman berlibur yang berkesan dan kami tunggu kedatangannya kembali," ujarnya.

Selain itu, Ipuk juga mengatakan, sebelum libur lebaran pihaknya telah mengimbau semua pengelola destinasi untuk bersiap menyambut datangnya wisatawan. Ia pun berterima kasih pada para pengelola wisata yang telah mempersiapkan destinasi dengan baik.

“Terima kasih kepada semua pengelola destinasi, UMKM, dan juga homestay yang telah melayani wisatawan dengan baik,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Destinasi yang Banyak Dikunjungi

Kawasan Marina Pantai Boom Banyuwangi (Istimewa)
Kawasan Marina Pantai Boom Banyuwangi (Istimewa)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Taufiq Rahman mengatakan bahwa wisatawan mulai ramai mengunjungi berbagai destinasi wisata pada hari kedua Lebaran atau pada 11 April. Ia menyebut, jumlah wisatawan terus meningkat di hari berikutnya hingga puncaknya, Minggu 14 April.

“Pengunjungnya datang dari berbagai kota, sekaligus ada yang mudik. Turis asing juga tercatat ada 180 wisatawan,” katanya.

Taufiq juga membeberkan bahwa destinasi yang paling banyak dikunjungi di Banyuwangi adalah Pantai Marina Boom. Ia mengungkapkan, destinasi wisata itu dikunjungi 37.878 orang.

"Selanjutnya Pantai Pulau Merah dengan 15.491 pengunjung dan Hutan de Djawatan yang dikunjungi 10.223 wisatawan," bebernya.

"Destinasi wisata seperti Pantai Grand Watudodol, Pemandian alami Jopuro, Pemandian Tamansuruh, Pantai Blimbingsari, Sendang Seruni, Air terjun Telunjuk Raung Mangaran, dan lainnya juga mengalami lonjakan pengunjung," jelas Taufiq.

Dirinya juga mengungkapkan, selain destinasi wisata berbasis keindahan alam, Banyuwangi juga menggelar beragam atraksi seni dan budaya selama libur Lebaran, mulai dari Seblang Olehsari, Sendartari Meras Gandrung, hingga Barong Ider Bumi.

"Inilah yang menjadi daya tarik Banyuwangi untuk dikunjungi wisatawan," ungkap Taufiq.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya