Terungkap Motif Bocah 9 Tahun di Kemang Bawa Mobil hingga Kecelakaan, Terinspirasi Game

Aksi seorang bocah berusia 9 tahun di Kemang, Jakarta Selatan menggegerkan masyarakat. Bocah tersebut nekat masuk dan mengemudikan mobil milik orang lain yang terparkir di pinggir jalan hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 06 Agu 2024, 14:55 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 14:55 WIB
Seorang bocah inisal M (9) nekat membawa mobil sendirian lalu menyebabkan kecelakaan bagi pengedara motor dan mobil di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu 3 Agustus 2024.
Seorang bocah inisal M (9) nekat membawa mobil sendirian lalu menyebabkan kecelakaan bagi pengedara motor dan mobil di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu 3 Agustus 2024. (Foto: Polda Metro Jaya).

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengungkap motif bocah berusia 9 tahun nekat membawa kabur mobil Toyota Rush hingga mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Kemang Raya, Bangka, Jakarta Selatan (Jaksel).

Plt Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan, bocah inisial NP itu mengambil mobil milik orang lain karena terinspirasi dari game online. Hal itu disampaikan NP saat dimintai keterangan oleh penyidik.

"Jadi ada game dari internet, game membawa mobil. Dia terinspirasi dari game kemudian apa yang dilihatnya di internet, dia lakukan," kata Nurma dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Nurma mengatakan, NP sebelumnya tidak pernah mengendarai mobil. Tapi karena terinspirasi dari game online yang dimainkan, sehingga bocah 9 tahun itu akhirnya terobsesi untuk mengendarai mobil.

"Jadi dia belajar di internet," ucap dia.

Kronologi Kejadian

Nurma menjelaskan, mobil Toyota Rush yang dibawa awalnya terparkir di pinggir jalan. Kemudian, oleh bocah NP dikendarai dari perumahan di Jalan Bangka VIII A, Mampang, Jaksel mengarah ke Traffic light McD Kemang.

Mobil yang dikemudikan bocah tersebut menabrak beberapa kendaraan. Mobil akhirnya berhenti setelah menabrak tiang lampu merah traffic light McD Kemang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Keterlibatan Orang Tua

Nurma menyebut, tidak ada keterlibatan orang tua di dalam kasus ini. Hasil penyelidikan, tidak ada yang menyuruh bocah berusia 9 tahun itu untuk membawa mobil.

"Tapi dia memasuki mobil, lanjut langsung dibawa kendaraannya. Itu yang pasti kita tanyakan dengan anak dan orang tuanya," ujar dia.

Dalam kasus ini, empat orang telah dimintai keterangan. Mereka adalah pihak orang tua, satpam, pengurus RT, maupun orang-orang yang ikut mengejar bocah tersebut saat mengemudikan mobil. Proses penyelidikan hingga kini masih berjalan.

"Kita lagi memeriksa empat saksi, orang tuanya, satpam, RT, juga yang mengejar dia dari perumahan," ucap dia.

 


Polisi Siap Mediasi

Terpisah, Kasat Lantas Jakarta Selatan, Kompol Yunita Rungkat mengatakan, pihaknya siap memediasi dan memfasilitasi perdamaian antara kedua belah pihak.

"Kesepakatan damai sedang dalam proses pihak pemilik kendaraan dengan kedua orangtua. Pemilik mobil dan orang tua sudah bertemu dan sudah ada titik terang mengarah pada perdamaian," ucap dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya