Ada Misa Akbar Paus Fransiskus dan ISF, Warga Jakarta Diimbau WFH pada 5 September

Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat bekerja dari rumah (WFH) pada 5 September 2024. Pasalnya, ada dua kegiatan besar yang akan berlangsung di kawasan Senayan, yakni Misa Akbar dan ISF.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Agu 2024, 17:21 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 17:21 WIB
Imbauan WFH saat KTT ASEAN
Warga melintasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jakarta, Kamis (31/8/2023). Pemprov DKI Jakarta mengimbau warga bekerja dari rumah atua WFH saat penyelenggaraan KTT ASEAN. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat dapat melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah pada 5 September 2024. Pasalnya, kata dia, ada dua kegiatan besar yang akan berlangsung di kawasan Senayan, Jakarta.

Agenda yang dimaksud yakni, Misa Akbar yang akan dipimpin pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Stadion GBK Jakarta dan Indonesia Sustainablility Forum (ISF) di JCC. Kedua acara tersebut digelar pada 5 September 2024.

"Saya mengimbau kepadatan tanggal 5, ada dua kegiatan besar. Maka kami harapkan masyarakat bisa melihat ini, mencermati ini sehingga bisa mengambil keputusan untuk melakukan work from home secara mandiri," ujar Heru dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Adapun misa akbar di Stadion GBK, Senayan, Jakarta ini diprediksi akan diikuti oleh 90.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia. Heru menyampaikan, pihak Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di titik-titik keramaian.

"Sehingga saya menghimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 untuk bisa memperhatikan,menyesuaikan, khususnya arus lalu lintas di mana nanti ada pengalihan di titik-titik tertentu," tutur Heru Budi.

Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto menuturkan agenda ISF di JCC Senayan akan dihadiri Presiden Jokowi dan kepala negara lainnya. Selain itu, akan ada acara makan malam atau gala dinner para kepala negara di Kompleks Monumen Nasional Jakarta.

"Akan ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh warga Jakarta khususnya di tanggal-tanggal paling tidak tanggal 4 dan tanggal 5 September yang akan datang terkait dengan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan Indonesia Internasional Sustainablility Forum," tutur Andy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia

Persiapan Natal Gereja Katedral Jakarta
Foto Paus Fransiskus terlihat jelang perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta, Selasa (20/12/2022). Sepekan jelang perayaan Natal gereja Katedral bersiap menghias gereja dengan pernak-pernik Natal. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Paus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada 4 September 2024.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa tanggal 3, 4, 5 dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus dimana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Agenda Paus ke Indonesia bukan hanya kenegaraan, namun juga keagamaan.


Ada Agenda di Istiqlal dan Katedral

Pertemuan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas dengan Paus Fransiskus di Vatikan, hari ini (8/6/2022).
Pertemuan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas dengan Paus Fransiskus di Vatikan, hari ini (8/6/2022). (Foto: Humas Kementerian Agama)

Nantinya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan mendampingi Jokowi bertemu dengan Paus Fransiskus.

"Ada beberapa kegiatan lain yang akan melibatkan Paus Fransiskus. Akan ada acara di Masjid Istiqlal dengan Imam Besar Masjid Istiqlal. Akan juga ada acara di Gedung Katedral di sekitar kawasan ini," tutur Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan sebanyak 4.520 personel dalam Operasi Tribata Jaya untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ribuan personel tersebut terdiri atas 1.077 personel Mabes Polri dan 3.443 personel Polda Metro Jaya.

Infografis Jakarta Uji Coba WFH 50 Persen PNS 21 Agustus 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jakarta Uji Coba WFH 50 Persen PNS 21 Agustus 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya