Hari Anak KAJ: Anak-Anak Harus Dijaga, Dilindungi, dan Dicintai

Hari Anak KAJ mendapat dukungan penuh oleh 5P Kids, salah satu inisiatif global dari 5P Global Movement yang fokus pada nasib terbaik anak di seluruh dunia.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 04 Okt 2024, 21:17 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 18:50 WIB
Sekjen Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Pastor Adi Prasojo (Istimewa)
Sekjen Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Pastor Adi Prasojo (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - World Children’s Day (WCD) menegaskan komitmen untuk menjaga, melindungi, dan mencintai anak-anak. Hal itu menjadi inspirasi terselenggaranya Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pada Sabtu (5/10), di Ciputra Artpreneur.

“Hari Anak KAJ ini sudah sepengetahuan Divisi Kebudayaan dan Pendidikan Vatikan dan direstui oleh Paus Fransiskus pada kunjungannya ke Graha Pemuda beberapa waktu lalu. Dalam lingkup lokal, kami gaungkan pesan universal yang sama tentang keberpihakan gereja pada nasib terbaik anak,” ujar Sekjen KAJ Pastor Adi Prasojo melalui siaran pers diterima, Jumat (4/10/2024).

Pastor Adi mengatakan, Hari Anak KAJ mendapat dukungan penuh oleh 5P Kids, salah satu inisiatif global dari 5P Global Movement yang fokus pada nasib terbaik anak di seluruh dunia.

“Hari Anak KAJ mengambil tema Anak Indonesia Sehat, Bersahabat, dan Jadi Berkat,” jelas Pastor Adi.

Pastor Adi mengungkap, lebih dari 1000 anak, terdiri atas anak-anak dari 68 Paroki di KAJ, sekolah-sekolah, Anak Berkebutuhan Khusus, Perkumpukan Sekolah Strada, Panti Asuhan dan didampingi 500 pendamping akan hadir dalam perayaan tersebut.

Dia pun menjelaskan, sebagai bagian dari masyarakat sipil, gereja mendukung pemerintah dalam upaya menghadirkan kecukupan gizi untuk anak-anak. Masih banyak anak Indonesia yang kurang gizi, terancam malnutrisi, dan tidak mendapatkan imunisasi.


Tantangan Lain

Sementara itu, lanjut Pastor Adi, tantangan lain terkait anak adalah menghadirkan daya dukung lingkungan yang ramah anak, bebas dari bullying, kekerasan, dan kerja paksa. Persahabatan dan persaudaraan menjadi penting bagi anak.

“Kami juga ingin menanamkan sejak dini benih kepedulian, belarasa, tanggung jawab anak-anak terhadap teman-temannya, keluarga, masyarakat, dan lingkungan. Kami mengajak mereka melakukan tindakan-tindakan sederhana dalam rangka menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim yang drastis,” turur dia.

Seperti diketahui, dalam Laudate Deum, Paus Fransiskus dengan jelas menegaskan bahwa kepedulian terhadap sesama manusia dan kepedulian terhadap bumi saling berkaitan erat.

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi masyarakat dan komunitas global. Sementara itu, dampak perubahan iklim ini ditanggung oleh kelompok yang paling rentan di seluruh dunia, terutama anak-anak.

Sementara itu, Co-Founder 5P Global Movement Arsjad Rasjid mengatakan, masyarakat Indonesia harus bersyukur dengan suasana kerukunan dan perdamaian yang terus menerus dapat dinikmati, sementara negara-negara lain hidup dalan ketegangan dan konflik.

Dia berharap, hal terbaik harus terus diwariskan kepada anak-anak, generasi emas Indonesia ke depan melalui inisiatif membangun persaudaraan, toleransi, dan juga cinta terhadap lingkungan.

“Tak henti-hentinya kami mengajak semua pihak untuk membangun persaudaraan, partnership, demi menciptakan perdamaian, kesejahteraan, keberlanjutan bagi masyarakat dan bumi hunian kita. Karena alasan itulah, kami mendukung penuh Hari Anak KAJ 2024 ini,” ajak dia.

 

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya