Hari Kedua Pembekalan di Hambalang, Ini Materi Prabowo untuk Calon Wamen

Selain soal pembekalan, para calon wakil menteri hari ini mengaku sudah tahu jika hari ini, 17 Oktober, Prabowo Subianto berulang tahun.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Okt 2024, 10:21 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 10:21 WIB
Prabowo
Presiden terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan para calon anggota kabinet dan memberikan pengarahan kepada para calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto kembali memanggil calon menteri dan wakil menteri. Di hari kedua, Prabowo akan menyampaikan sejumlah materi, salah satunya pendidikan antikorupsi kepada deretan wakil-wakil menteri.

“Materi seperti yang kemarin itu (pembekalan hari pertama) salah satu temanya (antikorupsi),” kata Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta kepada awak media di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Hambalang, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024).

Senada dengan itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga mengaku untuk mengikuti pembekalan hari ini, dirinya sudah membaca visi misi materi dari Prabowo Subianto.

“Kita sudah persiapan khusus sesuai dengan apa yang menjadi visi misi presiden,” jelas Viva.

Selain soal pembekalan, para calon wakil menteri hari ini mengaku sudah tahu jika hari ini, 17 Oktober, Prabowo Subianto berulang tahun. Mereka pun menyampaikan doa dan harapan terbaik, agar Prabowo senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Ya happy birthday bapak presiden Prabowo kebanggan kita semoga selalu sehat, bahagia, kuat dalam menjalankan amanat rakyat, dan dapat dukungan rakyat lima tahun ke depan,” ucap Viva Yoga.

Saat ditanya apakah ada kejutan, Viva mengatakan hal itu bisa saja terjadi. “Mungkin ada, nanti kita lihat ya,” dia menutup.

Diketahui, tepat pada hari ini, Prabowo Subianto memasuki usianya yang ke-73 tahun. Diketahui, Presiden Indonesia terpilih 2024-2029 itu lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada tahun 1951. 

Berdasarkan agenda diterima awak media, pada hari ini Prabowo masih akan berkegiatan di Hambalang, tepatnya di Padepokan Garuda Yaksa untuk memberikan pengarahan kepada pada calon menteri dan wakil menteri serta kepala badan/lembaga di kabinetnya nanti.

Pembekalan Calon Menteri, Prabowo Subianto Undang 59 Nama ke Hambalang

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang di antaranya merupakan calon menteri ke kediaman Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Mereka akan menerima pembekalan sebelum nantinya masuk kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

"Yang sesuai data 59 orang," ujar Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menhan Prabowo Subianto, Letnan Kolonel Infantri (Letkol Inf) G. Borlak di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Borlak mengaku tidak mengetahui siapa saja yang datang dan tidak dari daftar 59 nama tersebut.

"Kami belum tahu karena kami di sini enggak megang data yang masuk di atas. Mereka yang di dalam kali ya," jelas Borlak.

Sebagai informasi, Hambalang adalah tempat di mana Prabowo Subianto biasa menggelar acara seremonial bersama Partai Gerindra. Tepatnya di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah tokoh yang datang untuk pembekalan di Hambalang, sebagai berikut:

1. Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra

2. Politikus Golkar Nusron Wahid

3. Sekjen Kemendag Budi Santoso

4. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

5. Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni

6. Mensetneg Pratikno

7. Panglima TNI Jenderal Agus Subianto

8. Menkominfo Budi Arie Setiadi

9. Waketum PAN Yandri

10. Jaksa Agung ST Burhanuddin

11. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

12. Aktivis HAM Natalius Pigai

13. Menkeu Sri Mulyani

14. Mensos Saifullah Yusuf

15. Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka

16. Anggota DPR RI Meutya Hafid

17. Menteri ATR BPN Agus Harimurti Yudhoyono

18. Mantan Kepala BIN Jend (Purn) Budi Gunawan

19. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Susunan Acara Pembekalan Calon Menteri dan Wamen

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, membagikan jadwal serta rangkaian pembekalan calon menteri yang dimaksud. Pembekalan dimulai sekira pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Prabowo.

Kemudian pada pukul 09.15 WIB, diisi dengan pengenalan dan dilanjutkan dengan materi geopolitik pada pukul 10.30 WIB.

Setelah itu, pembekalan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB. Pada waktu ini akan diisi dengan materi seputar kesuksesan sebuah negara.

Dari jadwal yang diterima, pembekalan pada hari ini direncanakan hingga pukul 16.00 WIB.

"(Pukul) 16.00 WIB, Gross Domestic Product (GDP)," kata Dahnil dalam keterangan, diterima Rabu (16/10/2024).

Pembekalan bagi calon menteri ini bakal berlanjut hingga Kamis, 17 Oktober 2024, dengan sejumlah materi. Antara lain, artificial intelligence, komunikasi, lapangan kerja masa depan, hingga antikorupsi.

Sebelumnya, hingga memasuki pukul 07.15 WIB, kendaraan para tokoh dan pejabat terus berdatangan ke Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Tampak sosok yang sudah hadir antara lain Yusril Ihza Mahendra, politikus Golkar Nusron Wahid, Sekjen Kemendag Budi Santoso, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wamen ATR BPN Raja Juli Antoni, Mensesneg Pratikno, dan Panglima TNI Agus Subianto.

Kemudian Menkominfo Budi Arie, Waketum PAN Yandri Susanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Aktivis HAM Natalius Pigai, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

Tak hanya itu, hadir juga Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga politikus Partai Golkar Meutya Hafid.

Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prabowo Gelar Audisi Para Calon Menteri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya