[VIDEO] Para Guru Honorer Demo Kantor Jokowi pada Hari Guru

Mereka menuntut diangkat menjadi pegawai negeri sipil atau digaji sesuai dengan UMP DKI Jakarta.

oleh Eko Huda Setyawan diperbarui 25 Nov 2013, 17:48 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2013, 17:48 WIB
demo-guru-131125c.jpg
Tepat di Hari Guru, puluhan guru honorer dan bantu DKI Jakarta berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur. Mereka menuntut pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jika belum diangkat juga, mereka menuntut honor sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta.

Liputan 6 SCTV, Senin (25/11/2013) memberitakan, puluhan guru honorer dan bantu dari tingkat dasar hingga menengah atas yang mewakili 5.000 guru bantu honorer se-DKI Jakarta berunjuk rasa di depan kantor Gubernur Joko Widodo. Mereka meminta Jokowi memperhatikan nasib mereka yang sudah puluhan tahun jadi guru honorer.

Saat ini ada sekitar 5.000 guru yang ditempatkan di sekolah-sekolah swasta yang tidak jelas kapan akan diangkat, padahal pendidikan dan masa kerja sudah memenuhi syarat. Gaji guru honorer juga jauh di bawah UMP DKI Jakarta. Mereka selama ini hanya menerima honor sekitar Rp 1,5 juta per bulan.

Sementara di Depok, Jawa Barat, para murid memberikan penghargaan tersendiri buat para guru tercinta. Ratusan siswa melakukan konvoi, mulai memberikan bunga dan memainkan musik tradisional sebagai wujud penghargaan bagi guru di ulang tahun yang ke-68. Sebagian siswa juga mengibarkan Bendera Merah Putih serta membentangkan spanduk ucapan hari guru. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya