[VIDEO] Ada Simulasi `Baku Hantam` di Gedung KPU

Dalam simulasi, rapat penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2014 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Pusat berujung ricuh.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Feb 2014, 14:11 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2014, 14:11 WIB
simulasi-pengamanan-kpu-140211-b.jpg
Ini simulasi. Rapat pengesahan hasil penghitungan suara di Gedung KPU berujung ricuh. Baku hantam antar kelompok sempat terjadi, massa juga menyerang anggota KPU. Anggota polisi yang sempat kewalahan akhirnya mampu mengendalikan suasana.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (11/2/2014), sejumlah pengurus partai politik menolak hasil penghitungan suara oleh KPU dan menolak menandatangani berita acara.

Suasana sedikit mereda meski masih menyimpan ketegangan dan ketidakpuasan atas putusan lembaga penyelenggara pemilu ini. Untuk menghindari berbagai kemungkinan, polisi pun mengevakuasi para anggota KPU.

Dalam simulasi kedua yang digelar di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol ini, sekitar 300 personel polisi diterjunkan. Rencananya, Rabu (12/2/2014) esok simulai pengamanan akan kembali digelar Polda Metro Jaya di Gedung Mahkamah Konstitusi dan Gedung DPR/MPR/DPD.

Sementara di tempat lain, hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rakornas pemantapan pemilu di Balai Sidang Senayan, Jakarta.

Dalam rakornas yang diikuti 3.600 peserta termasuk gubernur, bupati, walikota serta jajaran perwira TNI-Polri seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, Presiden SBY menyampaikan 13 instruksi, di antaranya untuk memastikan pemilu berjalan aman, jujur dan adil.

Presiden juga berharap akhir bulan Maret 2014 seluruh logistik telah terdistribusikan hingga ke pelosok tanah air. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Polda Metro Antisipasi Ancaman Bom Pemilu 2014
Simulasi Pengamanan Pemilu, 7 Anjing Pelacak Ikut Berjaga di KPU
13 Instruksi SBY untuk Pemilu 2014

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya