Penantang Toyota Mirai dari Kia Semakin Nyata

Kia juga akan memiliki line-up model hidrogen dalam tiga tahun mendatang, atau pada 2020.

oleh Arief Aszhari diperbarui 04 Apr 2017, 07:13 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2017, 07:13 WIB
Mobil Hidrogen Hyundai
Mobil hidrogen Kia hadir dalam tiga tahun mendatang (Foto; Autonews.com)

Liputan6.com, Seoul - Meskipun mobil listrik tengah naik daun, namun beberapa pabrikan justru asik mengembangkan mobil hidrogen, dan salah satunya adalah Hyundai. Kabarnya, pabrikan asal Korea Selatan ini bakal memperkenalkan kendaraan berbahan alternatif ini tahun depan.

Dilansir Autonews, Selasa (4/4/2017), dengan kehadiran mobil hidrogen dari Hyundai, Kia juga akan memiliki line-up model hidrogen dalam tiga tahun mendatang, atau pada 2020.

Dijelaskan Lee Ki-Sang, Senior Vice President Eco Technology Center, Pengembang mobil Hyundai dan Kia, ada dua alasan mobil hidrogen Hyundai dan Kia tidak dikembangkan bersamaan.

"Pertama, grup tidak memiliki sumber daya yang luas, yang dibutuhkan untuk pengujian, validasi, dan meluncurkan kendaraan berbahan bakar sel secara bersama," jelas Lee.

Alasan kedua, grup bisa lebih baik menurunkan biaya produksi jika meluncurkan mobil hidrogen pertama untuk Hyundai. hal ini karena, posisi Hyundai lebih kelas atas, dan dapat menyerap harga yang lebih tinggi.

"Dengan volume naik, dan biaya produksi jatuh, teknologi dapat bermigrasi untuk pasar Kia," jelas Lee, tanpa menentukan apakah pasar global bisa menerima kendaraan hidrogen Kia atau tidak.

Selain itu, pihaknya juga memprediksi, pada 2020 pasar kendaraan hidrogen akan memanas, dengan kehadiran mobil besutan Daimler, BMW, Toyota, Honda dan General Motors.

"Kami pikir, itu waktu yang baik untuk memperkenalkan sel bahan bakar untuk pasar Kia. Sementara itu, kami akan mengurangi biaya bahan produksi," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya