Mengintip Spesifikasi Motor Touring Terbaru Yamaha

Masuk generasi ketiga, perubahan total dilakukan terhadap Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT. Berada di segmen sport-touring, motor terbaru ini menampilkan mesin dan rangka terbaru.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 20 Nov 2020, 09:02 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2020, 09:02 WIB
Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT
Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT (Car and Bike)

Liputan6.com, Jakarta - Masuk generasi ketiga, perubahan total dilakukan terhadap Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT. Berada di segmen sport-touring, motor terbaru ini menampilkan mesin dan rangka terbaru.

Motor ini menggunakan mesin 890 cc, tiga silinder, empat katup segaris, DOHC, berpendingin cairan Euro 5, kinerja jantung pacu meningkat karena menghasilkan tenaga maksimum hingga 115 Tk pada 10.000 rpm.

Mirip dengan Yamaha MT-09 terbaru, torsi puncak yang mampu dicapai yakni 93 Nm pada 7.000 rpm. Mesin ini juga dilengkapi knalpot kembar baru, sehingga bobot kendaraan berkurang 1,4 kilogram.

Seperti dilansir Car and Bike, Kamis (19/11/2020), injektor baru pada motor menyemprotkan bahan bakar langsung ke kepala silinder, bukan melalui badan throttle.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui gearbox enam kecepatan yang dilengkapi dengan slip and assist clutch, serta sudut cam yang telah direvisi sehingga kopling terasa lebih ringan.

Gear ratio motor ini juga diperbarui untuk menyesuaikan peningkatan torsi pada putaran mesin yang lebih rendah.

Mendapat rangka baru, swingarm motor ini lebih panjang 60 mm. Seperti MT-09 dan MT-09 SP, Tracer 9 terbaru memiliki IMU enam sumbu yang diturunkan dari Yamaha YZF-R1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Empat Mode Berkendara

IMU yang disematkan diklaim mampu mengatur ABS, mengontrol traksi dan memungkinkan pengendara mengelola sejumlah sistem bantuan termasuk kontrol traksi tiga tingkat.

Memiliki empat mode berkendara, Mode 1 menjadi yang paling agresif, Mode 2 untuk berkendara serba guna, Mode 3 untuk pengiriman tenaga yang lebih lembut dan Mode 4 untuk berkendara dalam kondisi basah.

Motor pabrikan Jepang ini juga hadir dengan cruise control standar, yang dapat digunakan pada kecepatan di atas 40 kilometer per jam.

Pengereman motor ditangani cakram kembar berukuran 298 mm di bagian depan, dan ABS dua tingkat. Selain itu, terdapat juga dua layar TFT 3,5 inci.

Menjadi varian teratas, Yamaha Tracer 9 GT mendapat beberapa tambahan fitur sehingga berkendara jarak jauh diklaim lebih nyaman.

Rencananya Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT terbaru diharapkan akan diperkenalkan di Eropa Maret 2021.


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya