Pengamat Unggulkan Khofifah-Emil atas Risma-Gus Hans di Pilgub 2024

Dia mengungkapkan keunggulan Khofifah-Emil masih sulit tertandingi termasuk oleh pasangan Risma-Gus Hans yang hanya diusung oleh PDIP.

oleh Tim News diperbarui 13 Sep 2024, 18:43 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 16:20 WIB
Khofifah
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Keunggulan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak masih yang terkuat untuk Pilgub Jatim 2024. Khofifah-Emil masih terlalu tangguh bagi Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans.

Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur Singgih Manggalou mengatakan, Khofifah-Emil masih yang terdepan untuk memenangkan pertarungan di Pilgub mendatang. Sebagai petahana keduanya lebih banyak dapat perhatian masyarakat.

"Jelas incumbent mempunyai peluang yang cukup besar untuk memenangkan Pilgub kali ini," kata Singgih di Surabaya, Jum'at (13/9/2024).

Dia mengungkapkan keunggulan Khofifah-Emil masih sulit tertandingi termasuk oleh pasangan Risma-Gus Hans yang hanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Menurutnya mesin PDIP bakal kesulitan bila harus menjangkau seluruh wilayah Jatim.

Dia berpandangan, pada Pilgub Jatim 2018 silam Khofifah-Emil terbukti menang dan lebih banyak dipilih warga Jatim meski melawan pasangan yang diusung PDIP berkoalisi dengan PKB. Terlebih sekarang PDIP dan PKB berpisah dan menjagokan pasangannya masing-masing.

"Karena di tahun 2018 saja PDIP dengan PKB yang sudah koalisi itupun kalah dengan Ibu Khofifah sama Mas Emil. Sedangkan hari ini mereka malah pisah, PDIP mencalonkan sendiri dan PKB juga calonkan sendiri," terangnya.

Lebih lanjut dia menyebut tentu konsentrasi PDIP tidak akan totalitas dalam berjuang memenangkan Risma-Gus Hans di Pilgub Jatim. Justru, dia menilai, PDIP akan benar-benar mengerahkan seluruh kekuatan politiknya untuk dapat meraih hasil maksimal pada Pilgub Jawa Tengah (Jateng).

"Saya kira secara kelembagaan, PDIP akan bertarung penuh kekuatannya di Jawa Tengah bukan Jawa Timur," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PPP Totalitas Dukung Khofifah-Emil

Khofifah
PPP berkomitmen memenangkan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak di Pilgub Jatim 2024. (Ist).

Komitmen kuat terus ditunjukkan PPP untuk memenangkan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak di Pilgub Jatim 2024. Khofifah-Emil semakin dapat dukungan besar semua elemen masyarakat.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Timur Mundjidah Wahab memyampaikan, memenangkan Khofifah-Emil menjadi tujuan utama partainya pada gelaran Pilgub Jatim kali ini. Hal demikian tidak terlepas dari keberhasilan Khofifah-Emil memimpin Jatim pada periode 2019-2024.

"Bismillah DPW PPP Jawa Timur serta seluruh wilayah se-Jawa Timur kita sudah berkomitmen ketika kita deklarasi untuk pemenangan ibu Khofifah," kata Mundjidah, Kamis (12/9).

Dia menyebut, begitu besarnya keinginan masyarakat melihat Khofifah-Emil dapat melanjutkan untuk periode kedua tidak bisa terbendung lagi. Hal itu tentu semakin menambah motivasi partainya untuk berjuang total.

Mundjidah menegaskan seluruh kader PPP dikerahkan mulai dari jajaran DPW hingga tingkat ranting untuk mendukung Khofifah-Emil. Sebab kemenangan Khofifah-Emil merupakan kemenangan bagi masyarakat Jatim.

"Sudah semuanya dari tingkat desa, kecamatan serentak kita bersama sama dengan partai pengusung untuk kemenangan ibu Khofifah di Pilgub Jatim," ucapnya.

Seluruh mesin politik, lanjutnya, bakal diaktifkan demi kemenangan total Khofifah-Emil pada Pilgub mendatang. Semua menurutnya sudah menjadi komitmen yang diberikan partainya kepada pasangan petahana ini.

"Bahwa untuk pemenangan ibu Khofifah ini, PPP harus dalam jihad pemenangan Gubernur Jawa timur ibu Khofifah dan Mas Emil," ucapnya.

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya