Perusahaan Roket Elon Musk, SpaceX Luncurkan Kru ISS untuk NASA

oleh Helmi Fithriansyah, diperbarui 27 Feb 2023, 17:20 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023 17:20 WIB
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Perusahaan roket Elon Musk, SpaceX, pada Senin (27/2), meluncurkan tim jangka panjang Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berikutnya ke orbit. Awak penerbangan terdiri dari seorang astronaut asal Uni Emirat Arab, seorang kosmonaut Rusia dan dua awak NASA. Kendaraan peluncur SpaceX, terdiri dari roket Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon di atasnya. Kapsul bernama Endeavour itu dioperasikan secara otonom.
Foto 1 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Foto dengan teknik long eksposur menunjukkan para fotografer bekerja dari atap gedung perakitan kendaraan saat roket SpaceX Falcon 9 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon milik perusahaan tersebut mengosongkan bahan bakar sebelum peluncuran yang telah digosok dari pad 39A untuk misi Crew-6 di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada tanggal 27 Februari 2023. (CHANDAN KHANNA/AFP)
Foto 2 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Roket SpaceX Falcon 9 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon mengeluarkan bahan bakar sebelum peluncuran untuk misi Crew-6 di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 27 Februari 2023. Kendaraan peluncur SpaceX, terdiri dari roket Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon di atasnya. Kapsul bernama Endeavour itu dioperasikan secara otonom. (CHANDAN KHANNA/AFP)
Foto 3 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Roket SpaceX Falcon 9 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon mengeluarkan bahan bakar sebelum peluncuran untuk misi Crew-6 di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 27 Februari 2023. SpaceX dijadwalkan lepas landas pada pukul 1:45 pagi waktu setempat dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida. (CHANDAN KHANNA/AFP)
Foto 4 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Para pengamat Emirat menyaksikan di Pusat Antariksa Mohammed bin Rashid (MBRSC) di Dubai pada tanggal 27 Februari 2023. Layar menunjukkan roket SpaceX Falcon 9 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon perusahaan tersebut mengeluarkan bahan bakar sebelum peluncuran yang digosok dari landasan 39A untuk misi Crew-6 di Pusat Antariksa Kennedy di Cape Canaveral, Florida. (Karim SAHIB/AFP)
Foto 5 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Roket SpaceX Falcon 9 dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon milik perusahaan tersebut mengeluarkan bahan bakar sebelum peluncuran dari landasan 39A untuk misi Crew-6 di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 27 Februari 2023. Perusahaan roket Elon Musk, SpaceX, pada Senin (27/2), meluncurkan tim jangka panjang Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berikutnya ke orbit. Awak penerbangan terdiri dari seorang astronaut asal Uni Emirat Arab, seorang kosmonaut Rusia dan dua awak NASA. (CHANDAN KHANNA/AFP)
Foto 6 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Ventilasi bahan bakar dari roket SpaceX Falcon 9 saat berada di Kompleks Peluncuran 39-A pada Senin, 27 Februari 2023, setelah peluncuran dilakukan di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AP Photo/Chris O'Meara)
Foto 7 dari 7
SpaceX Luncurkan Kru ISS
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul awak Endeavour berada di landasan 39A setelah upaya peluncurannya gagal di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, pada Senin dini hari, 27 Februari 2023. (AP Photo/John Raoux)